Atasi Banjir Jakarta, Pemprov DKI Tambah 5 Polder dan Bangun 8 Waduk

Written by on 28 March 2024

Jakarta, RPKFM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya untuk menangani banjir yang masih terjadi di Ibu Kota. Beberapa langkah yang sedang dikerjakan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) antara lain menambah lima polder, merevitalisasi pompa dan menambah jumlah waduk atau embung.

“Lima polder dibangun, dua lokasi pompa stasioner direvitalisasi. Lalu ada delapan waduk dikerjakan, rinciannya enam waduk pembangunan lanjutan, dua waduk baru,” ujar Plt Kepala Dinas SDA DKI, Ika Agustin Ningrum dalam keterangannya, Rabu (27/3/2024).

Lima polder baru yang dibangun itu antara lain Pompa Sunter C, pompa Gaya Motor, pompa Kali Sepatan (KBN), pompa IKPN, dan pompa RW 13 (Greenville). Sementara dua pompa stasioner yang sedang direvitalisasi berada di Jalan Tanjung Duren Raya-Jalan Letjen S. Parman, Jakarta Barat dan di Taman BMW, Jakarta Utara.

“Enam lokasi pembangunan waduk lanjutan yaitu waduk Marunda, Dukuh 2, Munjul, Cilangkap, serta embung Kaja dan Pekayon. Waduk yang baru dibangun tahun ini yaitu Embung SDN 01 Petukangan Selatan dan Jalan Pemuda Srengseng Sawah,” kata Ika.

Rutin Lakukan Pengerukan

Selain itu, Dinas SDA DKI juga rutin melakukan pengerukan di kali, waduk, dan saluran air. Upaya itu bertujuan untuk mengangkat sedimen lumpur untuk meminimalkan genangan saat musim hujan. “Kami juga memasang sheet pile atau tanggul di sisi kali. Tujuannya menanggulangi tanah longsor di sekitar kali. Sheet pile yang telah dibangun di Kali Pesanggrahan, Jakarta Barat dan Kali Sunter segmen Pompa Pulomas, Jakarta Utara,” ucap Ika.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL