Mahasiswa UKI Juara 1 Kompetisi Debat NUDC 2024

Written by on 3 June 2024

Jakarta, RPK FM – Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) berhasil memenangkan kompetisi debat National University Debating Championship (NUDC) 2024 dengan menjadi juara pertama, dalam kompetisi yang mengusung tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Debat Menginspirasi” dan dilaksanakan secara luring dari tanggal 26 Mei – 2 Juni 2024 di Universitas Terbuka, Tangerang Selatan. Mahasiswa UKI tersebut adalah Fransiska Anastasia Hutabarat dan Ramazan Bayram Sofiano, yang akan menjadi salah satu tim perwakilan Indonesia yang dikirim ke ajang World University Debating Championship (WUDC) Tahun 2025.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Rektor UKI, Prof. Dhaniswara K. Harjono, Wakil Rektor UKI bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Ied Veda Sitepu, pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UKI Debating Union, Susanne Sitohang, S.S., M.A., Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Daisy Natalia Souhuwat, S.E., dan juga seluruh sivitas akademika UKI yang mendukung kami dalam mengikuti kompetisi ini,” kata Ramazan dan Fransiska.

Atas raihan prestasi ini, Rektor UKI, Prof. Dhaniswara K. Harjono mengapresiasi pencapaian Ramazan dan Fransiska. “Kami akan memonitor para pemenang NUDC dan kami pastikan akan menjadi orang sukses. Karena salah satu yang harus dilakukan adalah berjuang dan berkompetisi dengan jujur. Jika ada kemauan pasti ada jalan. Kami pastikan setiap orang yang berhasil di UKI, akan berhasil membangun Indonesia kedepannya, “ujar Prof. Dhaniswara.

Best Speaker Open Category
Salah satu torehan prestasi lainnya adalah, Ramazan Bayram Sofiano mendapatkan penghargaan ‘Best Speaker Open Category’, dalam ajang NUDC 2024. Menurutnya, tips untuk mendapatkan peringkat best speaker adalah dengan mempertajam skill debat melalui sparring dan rutin membaca buku atau artikel mengenai isu-isu terkini. “Open category merupakan kategori untuk para peserta yang bukan pemula/novice lagi,” cerita Ramazan yang memiliki keinginan menjadi corporate lawyer ini.

“Selama persiapan lomba, kami berlatih debat secara intensif dengan pelatih internal dan mengikuti banyak sparring debat secara online maupun offline dengan tim debat dari universitas lain. Keunggulan kami dalam berdebat adalah dapat menyampaikan argumen secara logis,” kata Fransiska yang bercita-cita melanjutkan studi di luar negeri dengan beasiswa.

Ramazan menambahkan dengan antusias, “Pengalaman yang tidak terlupakan adalah kesempatan untuk bertemu dengan para peserta dari universitas-universitas ternama selama perlombaan ini. Saya berbagi pengalaman dengan peserta untuk mempersiapkan diri menuju Kejuaraan Dunia Lomba Debat tahun 2025”

Dalam ajang ini, sejumlah 112 universitas yang mengikuti NUDC Nasional 2024, yang terdiri atas pemenang NUDC Tingkat wilayah yang mewakili 16 Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) seluruh Indonesia. Tim UKI merupakan salah satu dari perwakilan Wilayah III. Format debat NUDC yang digunakan adalah format debat parlemen Inggris, yang ditujukan agar para peserta bukan hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, namun juga menguasai pengetahuan global, dapat menganalisis dan meyakinkan publik.

UKI Miliki UKM Debating Union
Universitas Kristen Indonesia memiliki UKM Debating Union sebagai wadah mahasiswa untuk terus melatih kemampuan berdebat dengan dibimbing oleh pelatih yang berpengalaman. UKM debating union beranggotakan mahasiswa-mahasiswi UKI yang tertarik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan berargumen dalam bahasa Inggris. Kompetisi debat menjadi ajang yang rutin diselenggarakan UKI, untuk melatih dan mengembangkan kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL