• Uncategorized

Olahraga Saat Berpuasa, Mengapa Tidak?

Written by on June 6, 2016

Bulan Ramadhan sudah memasuki hari pertama. Saatnya umat Islam menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh. Puasa merupakan satu cara mendidik individu dan masyarakat untuk tetap mengendalikan keinginan dan kesenangan diri pribadi. Dengan berpuasa, seseorang dengan sadar meninggalkan makan dan minum, juga menahan nafsu dan lebih bersabar untuk menahan emosi. Namun berpuasa bukan berarti mengabaikan kesehatan dan kebugaran tubuh. Untuk itu, tetap masukkan jadual olahraga selama bulan Ramadhan. Bagaimana?

Olahraga adalah cara meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Di satu sisi, kita pun dituntut untuk tetap berpuasa secara total. Dua pertanyaan yang sering muncul, kapan dan bagaimana berolahraga di saat berpuasa?

Sebelum menjawab kedua pertanyaan besar itu, kita mesti paham benar arti olahraga buat tubuh manusia. Menurut dr. Andy Kurniawan, Sp.KO dari Indonesia Sport Medicine Center, olahraga itu penting buat tubuh manusia, diantaranya untuk:

  • Merangsang jantung untuk bekerja lebih efisien dan lebih terlatih, sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung.
  • Meningkatkan kebugaran jantung. Hal ini penting untuk membuat ketahanan tubuh (jantung) kita sehari-hari. “Tidak gampang cape’ sehingga produktifitas tetap terjaga,” ungkap dr. Andy.
  • Meningkatkan kekuatan otot, sehingga tak mudah cedera saat melakukan aktivitas fisik yang berat. “Cedera umum yang sering dialami antara lain back pain, sakit punggung dan pinggang, salah posisi saat mengangkat barang, semua itu dapat dikurangi risikonya dengan berolahraga,” tambah dr. Andy Kurniawan.
  • Mengeluarkan hormon endorfin, hormon serotonin. Kedua hormon tersebut, menurut dr. Andy, sangat bermanfaatkan untuk menjaga mood dan emosi kita seharian.
  • Melatih fleksibilitas atau kelenturan tubuh.
  • Melatih fungsi otak, juga konsentrasi. Bila kita berolahraga kurang lebih 150 menit perminggu, kita bisa mengurangi risiko Alzheimer/Demensia.

…dan  masih banyak lagi yang lain. Nah, bila kita mengetahui peran penting berolahraga, maka kita pun bakal sadar pentingnya olahraga dilakukan untuk menunjang ibadah berpuasa selama sebulan penuh. Namun tentunya kita mesti memperhatikan kapan dan bagaimana berolahraga di saat puasa.

Berdasarkan banyak pandangan dari para ahli, berolahraga yang pas saat bulan puasa adalah satu atau dua jam sebelum waktu berbuka puasa, juga usai sholat Subuh. Jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah olahraga kardio maupun latihan beban. Hal ini dapat efisien dan efektif buat mengurangi lemak tubuh. Pasalnya di waktu tersebut tubuh kita sudah beradaptasi lebih beik dalam membakar lemak. Bila kita berolahraga di gym pun, satu jam sebelum waktu berbuka puasa, kita dapat segera memulihkan tubuh dengan konsumsi protein dan karbohidrat yang cukup. Selain itu, berolahraga satu jam sebelum berbuka adalah momentum paling optimal untuk membentuk otot karena kadar testosterone dalam tubuh mencapai puncaknya di waktu tersebut.

Terakhir, bagaimana kita berolahraga? Kurangi 40-60% beban bila kita kerap berolahraga di gym, tanpa mengurangi frekuensi latihan beban. Namun buat yang jarang atau tidak berolahraga di gym, sejumlah jenis olahraga dapat dilakukan, yaitu olahraga peregangan otot yang dikombinasikan dengan pengaturan nafas (Yoga), bersepeda (dianjurkan setelah sholat subuh, karena makanan belum lama diproses menjadi energi dan juga dapat mendorong produktivitas energi untuk beraktivitas selama 10 jam berpuasa), juga aerobik dengan pengaturan beban. Secara santai pun, kita juga dapat menjalankan olahraga sambil ngabuburit, yaitu dengan berjalan santai secara teratur dan terukur.

Nah, demikian bila kita mengatur jadual harian kita dengan cerdas, niscaya kita dapat meraih manfaat yang maksimal selama bulan Ramadhan. Tubuh tetap sehat dan bugar, juga ibadah pun lancar dan berkah…. #RamadhanCerdas. yp/berbagai sumber  


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: