• Uncategorized

Deteksi Dini Kanker Payudara dengan SADARI

Written by on 1 August 2016

SADARI, Periksa Payudara Sendiri, merupakan salah satu cara mendeteksi dini kanker payudara yang dilakukan secara mandiri. Dilakukan secara rutin 7 hari setelah menstruasi setiap bulan, saat jaringan payudara tidak terlalu sensitif. Jika sudah menopause, tentukan tanggal yang mudah diingat untuk melakukan SADARI. Nah, bagaimana caranya?Para perempuan Indonesia mesti menyadari perlunya SADARI untuk mendeteksi kanker payudara. Pasalnya bila dapat dideteksi secara dini, maka penanganan pun dapat segera dilakukan sehingga harapan hidup bakal semakin besar. Untuk kaum perempuan, begini caranya SADARI:

  1. Berdiri tegak menghadap cermin. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Jangan khawatir bila bentuk payudara kanan dan kiri tidak sistematis (asimetris).
  2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Dorong siku ke depan, cermati payudara. Kemudian dorong siku ke belakang dan cermati lagi bentuk dan ukuran payudara. Otot dada Anda dengan sendirinya berkontraksi saat Anda melakukan gerakan ini.
  3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.
  4. Angkat lengan kiri ke atas dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan daerah payudara dan cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke daerah ketiak.
  5. Buatlah gerakan lingkaran-lingkaran kecil dari atas ke bawah (vertikal), melingkar daerah payudara, serta dari tepi payudara ke puting dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda. Pencet puting dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Segera berkonsultasi dengan dokter jika terdapat cairan yang keluar dari puting.
  6. Pada posisi berbaring, letakkan bantal di bawah punggung (sisi payudara yang akan diperiksa). Angkat lengan kiri ke atas dan cermati payudara kiri menggunakan tiga pola gerakan sebelumnya. Angkat lengan kanan ke atas, dan lakukan pemeriksaan yang sama pada payudara kanan.

Pada setiap gerakan SADARI, pastikan semua batas payudara teraba:

  • batas atas: dua jari di bawah tulang selangka.
  • batas bawah: garis melingkar payudara.
  • batas tengah: garis tengah tubuh.
  • batas paling luar: pertengahan ketiak ke bawah.

Kondisi yang perlu dicermati saat melakukan SADARI:

  1. Adanya benjolan yang keras pada  payudara atau daerah sekitar ketiak. Biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan muncul pada satu sisi saja.
  2. Perubahan ukuran atau bentuk payudara, seperti pembengkakan, munculnya lekukan dan pembuluh darah yang tiba-tiba muncul atau terlihat jelas.
  3. Perubahan pada permukaan payudara, seperti kulit yang mengeras, kulit mengelupas, berwarna kemerahan atau seperti kulit jeruk.
  4. Perubahan pada puting, seperti puting tertarik ke dalam atau keluar cairan dari puting.

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL