Klinik RPK: Play Therapy pada Pola Asuh Anak

Written by on March 12, 2019


Saat ini pola asuh anak sangat membutuhkan metode play therapy. Play therapy ini sendiri ialah suatu metode konseling yang membuat anak dapat bersenang-senang tanpa perlu memikirkan rasa trauma atau tertekan pada dirinya. Play therapy ini lebih sangat disarankan buat anak-anak yang berkebutuhan khusus tapi bisa juga dipakai oleh anak yang mengalami broken home, kekerasan seksual pada anak, kekerasan pada anak, perceraian, penganiayaan atau korban bullying.

Konsep play therapy ini juga sangat mudah diterapkan yaitu bermain bersama anak tanpa membuatnya tertekan atau merasa malu pada dirinya. Fungsi play therapy ini untuk menambah kesenengan seorang anak pada saat bermain. Manfaat dari play therapy buat anak itu bisa mengembangkan rasa percaya diri pada anak, mengasah keterampilan diri pada anak, mengekspresikan emosi dengan cara yang sehat, dan melatih anak untuk bertanggung jawab.

Selain itu anak dapat mengembangkan rasa hormat dan rasa peduli pada anak, melatih anak agar menghargai orang lain atau orang yang lebih tua, dan yang terakhir mampu mengasah anak untuk memecahkan masalah lebih baik lagi.

Play therapy ini bisa dilakukan dengan permainan anak, melalui cara bermain anak seperti bermain boneka, menyusun balok, mewarnai, dan bermain alat musik yang anak sukai. Play therapy ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk bersenang-senang secara sukarela tanpa adanya paksaan dari orangtua atau orang terdekatnya. Tujuan dari play therapy ini meningkatkan kemampuan berpikir anak, meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak, meningkatkan  perilaku.

Play therapy ini biasanya dilakukan dengan pengawasan terapis atau psikolog anak yang sudah terlatih menangani kasus. Play therapy ini bentuk komunikasi dengan anak-anak yang lebih mampu mengekspresikan dirinya melalui aktivitas fisik daripada lewat komunikasi verbal. Tergantung dari apa masalahnya, kebanyakan anak-anak yang merasa takut atau tidak mampu mengekspresikan dirinya dengan baik.

Di sinilah peran play therapy dimulai dengan adanya pilihan beragam mainan yang familiar di mata anak, terapis mengharapkan anak dapat lebih mudah untuk membuka diri.

Sahabat RPK, dapat mengikuti informasi kesehatan lainnya dalam program Klinik RPK setiap Senin sampai Jumat pukul 10 pagi, bersama Julia.

(Lintang Pertiwi)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: