Amir, Penyebab Anak Mandala Sari Jadi Kuat dan Sehat

Written by on April 24, 2019

Ku minum air, aku sehat

1,2,3,4,5,6 gelas,

Aku sehat,

Aku kuat!

Demikian secuplik syair dari lagu Amir yang menjadi salah satu sarana ibu-ibu kader Posyandu membudayakan hidup sehat di Dusun Mandala Sari, Denpasar Timur, Bali. Lagu tersebut menyasar kaum ibu dan anak-anak usia dini di dusun tersebut. Tak heran, saat Radio Pelita Kasih FM Jakarta (RPKFM) berada di sana, sekumpulan anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Mandala Kumara fasih menyanyikan lagu tersebut.

Pojok AMIR di PAUD Mandala Kumara

Di lokasi PAUD yang menjadi satu lingkungan dengan Posyandu Mandala Sari tersebut, terlihat pula sebuah galon air mineral (air putih) ditemani gelas-gelas kertas. Sesekali anak-anak itu bergiliran mengonsumsi air putih tersebut. Saat diajak berbincang, seorang anak bernama Gevin mengaku bahwa minum air putih sudah menjadi kebiasaan dia dan teman-temannya setiap hari.

Harus yang putih (bening), tidak boleh yang berwarna,” ujar Gevin polos kepada RPKFM (24/03).

Sementara itu, Kepala PAUD Mandala Kumara, Ni Made Sulastri, mengatakan bahwa Gerakan Amir merupakan salah satu program unggulan mereka untuk mendukung dan membiasakan hidup sehat sejak dini kepada anak. Menurut Made, Gerakan Amir ditindaklanjuti oleh Posyandu Mandala Sari dengan melakukan pemeriksaan rutin warna urine sehingga dapat diketahui tingkat konsumsi air para penduduk Dusun Mandala Sari. Program tersebut dilaksanakan untuk mengedukasi penduduk setempat betapa pentingnya konsumsi air putih setiap hari sehingga asupan air tubuh cukup.

Tubuh manusia itu 80% terdiri dari air, sehingga mengonsumsi air secara rutin adalah sebuah keharusan. Pada saat mengunjungi Posyandu Mandala Sari, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan bahwa dengan cukup meminum air, minimal 8 gelas per hari, tubuh kita menjadi sehat dan kuat. Proses pergantian sel-sel tubuh yang rusak pun menjadi lancar. Menurut Menteri Kesehatan, apa yang dilakukan Posyandu Mandala Sari merupakan salah satu bentuk intervensi terhadap masyarakat untuk membiasakan diri mereka hidup sehat dengan minum air yang cukup secara rutin.

Lalu, siapakah Amir, penyebab anak-anak di Dusun Mandala Sari menjadi sehat dan kuat? Amir adalah singkatan dari Ayo Minum Air, sebuah gerakan inovatif yang digagas penduduk Dusun Mandala Sari, Denpasar Timur.

Tertarik untuk ikut Amir?


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: