WHO : keluar rumah wajib pakai masker

Written by on April 7, 2020

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam keterangan resmi melalui situsnya merekomendasikan kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan masker saat keluar rumah. Kebijakan ini dilakukan untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona di dunia.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menghimbau masyarakat Indonesia untuk melakukan hal yang serupa. Jokowi menyebutkan saat ini pemakaian masker bukan hanya untuk warga yang sakit saja dan harus dipastikan mulai saat ini seluruh warga yang tetap memiliki aktifitas diluar rumah untuk menggunakan masker.

“WHO di awal menyampaikan bahwa yang pakai masker hanya yang sakit, yang sehat tidak. Tapi sekarang, semua yang keluar rumah harus pakai masker” tegas Jokowi melalui rapat terbatas melalui video conference.

Jokowi juga meminta agar ketersediaan masker mulai disiapkan dan diberikan kepada masyarakat . selain itu yang perlu diperhatikan adalah masyarakat yang sehat bisa menggunakan masker kain. Dikarenakan masker bedah dan masker N95 hanya digunakan untuk petugas kesehatan, khususnya yang menangani pasien virus corona.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, masyarakat dianjurkan untuk menggunakan masker berbahan dasar kain yang bisa diproduksi sendiri.

“Lewat UMKM bisa produksi masker, sehingga kebutuhan masker tidak harus tergantung pusat dan tidak perlu menggunakan yang sertifikatnya dari WHO” ungkap Doni.

Berikut beberapa anjuran penting saat menggunakan masker kain dalam aktifitas sehari-hari :

  1. Selalu gunakan masker penutup wajah dengan orientasi yang sama. Gunakan sisi yang sama untuk dibagian luar (sisi yang terkontaminasi). Jangan membolak-balikkan sisi penggunaan masker.
  2. Rutin mencuci masker kain. Cuci masker menggunakan tangan dan air hangat untuk membantu menghilangkan setiap residu partikel virus atau bakteri yang mungkin mencemari bagian luar masker. Sebelum menggunakan kembali pastikan masker sudah benar benar kering dan disetrika.
  3. Lepaskan masker dengan memegang tali dari bagian belakang lalu tarik kedepan. Jangan menyentuh bagian bahan masker. Tapi jika terpaksa menyentuh bagian bahan masker jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum dan sesudah menyentuhnya.
  4. Tidak disarankan menggunakan masker kain lebih dari 4 jam.

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: