Antisipasi mudik lebaran, kemenhub lakukan penyekatan di ruas tol

Written by on April 22, 2020

Penerapan larangan mudik 2020 yang sudah diresmikan pemerintah Indonesia, akan mulai diterapkan per tanggal 24 April 2020. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan jajaran pemerintah antara lain dengan melakukan penyekatan di berbagai ruas tol yang ada di Indonesia, terutama di daerah yang berada di zona merah.
“Jalan tol dan semua jalan arteri atau non-tol sedang dalam pematangan, jadi ini yang harus ditegaskan bukan penutupan tapi hanya penyekatan untuk memilih mana kendaraan yang boleh melintas.” ungkap Sigit Afriansyah selaku Direktur Lalu Lintas Jalan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam diskusi terbuka melalui video telekonferensi yang diadakan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) hari ini (Rabu, 22 April 2020)
Sementara itu untuk kejelasan sanksi yang akan diterima oleh para pengendara yang masih tidak mematuhi peraturan hingga saat ini masih dalam penyusunan. Titik penyekatan atau check point pada larangan mudik, menurut Sigit akan berbeda dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
“Kalau PSBB, hanya di cek pakai masker atau tidak, volume penumpangnya sesuai atau tidak, dan lain sebagainya. Nah untuk larangan mudik itu, sudah tidak begitu, artinya bila kendaraan tidak sesuai dengan regulasi yang boleh lewat, yakni logistik, yah langsung putar balik” tegas Sigit.
Hal yang serupa juga ditegaskan oleh Kombes. Pol. Indra Jafar, Korlantas Mabes Polri, mengenai check point yang akan dibuat nantinya akan melakukan upaya persuasif edukatif kepada masyarakat.
“Upaya yang akan dilakukan dalam penyekatan di check point ini, antara mengalihkan arus atau memutar balikkan para pemudik. Terkait masalah penegakkan hukum masih didiskusikan. Penekanannya adalah kita lakukan upaya persuasif edukatif” tegas Indra, dalam diskusi terbuka bersama YLKI.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: