Peran Masyarakat Hentikan Penyebaran Covid-19

Written by on April 24, 2020

Demi memutus perkembangan Covid-19 di Indonesia, Kementerian Kesehatan menghimbau untuk tetap tinggal dirumah. Menahan diri untuk tidak mudik tahun ini, dan tetap lakukan protokol kesehatan.

“ Keberhasilan upaya penanganan Covid-19 sangat tergantung peran masyarakat. Butuh kerja sama semua perangkat RT, RW, Desa sampai dengan pelaksanaan isolasi mandiri baik perorangan sampai kelompok dan kepatuhan dalam penerapan PSBB” ungkap Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto.

Kebijakan PSBB di Jakarta juga kembali diperpanjang oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Kebijakan PSBB ini juga sebagai salah satu cara menekan pertumbuhan Covid-19.

“ Dengan mendengar pandangan para ahli di bidang penyakit menular dan diskusi yang dilakukan Dinas Kesehatan, kami putuskan memperpanjang pelaksanaan PSBB, diperpanjang 28 hari. Artinya periode ke dua, dari 24 April sampai 22 Mei 2020” ungkap Anies, di Balai Kota DKI Jakarta.

Bertepatan dengan bulan Ramadhan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama, 1 Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada jumat (24 April 2020). Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa puasa tahun ini akan dilakukan dengan suasana yang berbeda.

“ Tidak ada kesemarakan di jalanan, ruang masjid pun berada dalam keheningan, suasana baru akan kita rasakan, meresapi makna sejati ibadah puasa yang kita jalankan” ungkap Jokowi melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

Pada bagian akhir video, Presiden menyampaikan Marhaban ya Ramadhan dan mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa.“ Semoga Allah SWT meridai langkah kita, memberi kekuatan dalam menghadapi cobaan dan memberkahi bangsa Indonesia ” ungkap Jokowi.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
%d bloggers like this: