Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Serentak Dimulai 13 Juli

Written by on July 6, 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadwalkan 13 Juli mendatang adalah jadwal resmi masuk sekolah tahun ajaran baru tahun 2020.

“Kenapa Juli? Memang kalender pendidikan kita dimulai minggu ketiga di bulan Juli dan berakhir Juni. Itu setiap tahun begitu.” ungkap Plt Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar Pendidikan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad.

Mengenai panduan kegiatan belajar di tengah pandemi nantinya mengikuti panduan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 01/KB/2020, 516, HK.03.01/MENKES/363/2020, 440-882 Tahun 2020.

“Prinsip dikeluarkannya kebijakan pendidikan di masa panemi Covid-19 adalah dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat.” tegas Mendikbud, Nadiem Makarim,

Mengenai sistem pembelajaran yang akan dilakukan pada 13 Juli mendatang, Pemprov DKI memutuskan bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tidak akan dilakukan tatap muka, melainkan melalui online. Hal ini dilakukan dikarenakan Pemprov DKI masih belum berencana untuk membuka kembali sekolah pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.“

Jadi perlu kami tegaskan di sini, sekolah belum akan dibuka meskipun tahun ajaran mulai tanggal 13 Juli. Jadi tetap PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Di awal tahun ajaran barunya masih tetap dirumah.” ungkap Anies Baswedan.

Sementara untuk daerah yang berada di zona hijau, Mendikbud memperbolehkan adanya pembelajaran dengan tatap muka. Namun, Nadiem menegaskan ada beberapa syarat yang harus dilalui sekolah jika ingin melakukan KBM dengan tatap muka.

Diantaranya, Kabupaten / Kota harus zona hijau, pemerintah daerah harus setuju, sekolah harus memenuhi semua daftar periksa dan siap pembelajaran tatap muka dan terakhir orang tua murid harus setuju dengan pembelajaran tatap muka.

“Jika salah satu dari empat syarat tersebut tidak terpenuhi, peserta didik melanjutkan belajar dari rumah secara penuh” tegas Nadiem.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: