Perkembangan terkini Vaksin Covid-19 di Indonesia

Written by on January 3, 2021

Dalam upaya memerangi pandemi Covid-19 saat ini Indonesia telah menyiapkan rancangan program vaksinasi untuk seluruh masyarakat. Juru bicara Vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmidzi mengatakan sebanyak 34 provinsi yang ada di Indonesia akan menerima pendistribusian vaksin di bulan Januari 2021 ini.

“Sudah ada 3 juta dosis vaksin di gudang Bio Farma dan siap didistribusi. Tapi kita masih menunggu izin dari BPOM” ungkap Nadia dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan yang diadakan secara virtual, Minggu (03/01/2021).

Setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin penggunaan darurat atau emergenzy use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19, maka penyuntikkan vaksin bisa segera dilaksanakan.

Sebanyak 1,3 juta tenaga kesehatan yang ada di Indonesia menjadi prioritas dan menjadi penerima pertama vaksin Covid-19. Hal ini dilakukan pemerintah untuk tetap menjaga kesehatan para nakes yang terus berjuang menghadapi pandemi.

“Akan memprioritaskan kepada 1,3 juta tenaga kesehatan dan 17,4 juta petugas publik yang ada di Indonesia” tegas Nadia.

Juru bicara Bio Farma, Bambang Heriyanto menjelaskan bahwa pendistribusian vaksin juga sudah mulai dilaksanakan sejak hari ini oleh Bio Farma selaku distributor dan bekerja sama dengan pemerintah daerah.

“Jadi mulai hari ini Jadi vaksin akan kita distribusikan ke 34 provinsi. Sudah kami siapkan fasilitas layanan kesehatannya didukung 10 ribu puskesmas, KKP, rymah sakit dan semua sudah disiapkan rantai dinginnya untuk vaksinasi ini” ungkap Bambang.

Bio Farma dalam hal ini sudah memastikan setiap sarana prasarana di setiap provinsi sudah sesuai dengan standar keamanan vaksin. Guna menjamin kualitas dan mutu vaksin, suhu yang direkomendasikan diantara 2 hingga 8 derajat celcius.

Dengan adanya kesiapan vaksinasi ini, jubir Vaksinasi Covid-19 Nadia tetap meminta masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan. Dengan tetap taat, dirinya meyakini bahwa Indonesia bisa segera melewati masa pandemi ini.

“Walaupun vaksin sudah datang tetap perhatikan protokol kesehatan 3M. Memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan” tegas Nadia.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
%d bloggers like this: