Satgas Covid-19 Imbau Penggunaan Masker Ganda yang Tepat

Written by on February 23, 2021

JAKARTA, RPK FM – Penggunaan masker yang benar dan tepat menjadi hal yang utama untuk melindungi diri dari paparan virus corona. Berbagai jenis masker saat ini tersedia untuk masyarakat diantaranya masker kain, masker medis dan masker KN95 hingga N95 yang khusus digunakan oleh para tenaga medis.

Saat ini Satgas Covid-19 sangat menganjurkan untuk menggunakan masker rangkap atau ganda. Merujuk kepada penelitian Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat yang merilis bukti efektivitas masker ganda. Studi CDC Menemukan penggunaan masker ganda dapat menghalangi 92,5 persen partikel yang berpotensi menular.

“Penggunaan masker ganda adalah salah satu cara memblokir partikel kecil,” ungkap John T. Brooks, petugas medis untuk tanggapan Covid-19 CDC.

Dalam panduan terbaru tentang pemakaian masker yang dirilis oleh CDC, terdapat lima metode yang dapat meningkatkan perlindungan diri dari virus Covid-19.

Pertama, memilih masker dengan kawat hidung. Kawat hidung mampu mencegah udara bocor pada bagian atas masker. Tekuk kawat hidung agar masker sesuai dengan wajah.

Kedua, gunakan pelindung atau penjepit masker untuk mencegah udara bocor di sekitar tepi masker.

Ketiga, pastikan masker yang digunakan sudah menutupi hidung, mulut dan dagu. Periksa celah dengan menaruh kedua tangan di area pipi yang berdekatan dengan telinga atau di area yang tidak tertutupi masker. Pastikan tidak ada udara yang mengalir di dekat mata atau dari tepi masker.

Keempat, memakai masker rangkap atau ganda. Maksudnya adalah menggunakan masker kain di atas masker medis sekali pakai.

Kelima, meningkatkan kesesuaian masker dengan wajah. Perhatikan bagian tali masker, buat simpul didekat wajah baru dikaitkan ke telinga untuk mencegah udara bocor di sekitar tepi masker.

Masker ganda hanya boleh dilakukan dengan menggunakan masker medis dan masker kain. Gunakan masker medis terlebih dahulu lalu ditumpuk dengan masker kain. Sehingga masker medis berada dalam masker kain saat dipakai.

CDC tidak merekomendasikan untuk jenis masker lainnya dan tidak menganjurkan untuk menggabungkan dua masker medis sekaligus.

“Jangan gabungkan dua masker medis secara bersamaan. Masker medis tidak dirancang untuk bisa digunakan dua lapis secara bersamaan,” ungkap Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di kanal YouTube BNPB Indonesia.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Continue reading

RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
%d bloggers like this: