Faktor Risiko Penyakit Jantung, Seperti Yang Pernah Dialami Pangeran Philip

Written by on April 12, 2021

RPK FM, JAKARTA – Pangeran Philip, yang bergelar Duke of Edinburgh dan merupakan suami dari Ratu Inggris Elizabeth II, meninggal dunia pada usia 99 tahun. Istana Buckingham mengonfirmasi kabar meninggalnya Pangeran Philip pada Jumat (9/4/2021), seperti dilansir dari media Inggris, Metro.co.uk dan AFP.

“Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu telah mengumumkan meninggalnya sang suami tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor,” demikian pernyataan Istana Buckingham pada Jumat (9/4) waktu setempat. Sebelumnya, Pangeran Philip sempat dirawat di rumah sakit pada 16 Februari 2021, karena merasa tidak enak badan, namun diperbolehkan pulang sebulan kemudian, setelah perawatan infeksi dan menjalani prosedur bedah jantung.

Meski belum ada keterangan resmi terkait penyebab kematiannya, perlu kita ketahui bahwa penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang paling banyak diidap oleh lanjut usia atau lansia. Hal ini karena kekuatan otot jantung lansia bisa menurun, begitu pula dengan fungsinya memompa. Namun terdapat faktor-faktor risiko yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung seperti yang pernah dialami Pangeran Phillip.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, secara umum faktor risiko penyebab penyakit jantung dapat dibagi menjadi dua kelompok, yakni faktor risiko yang tidak dapat diubah dan faktor risiko yang dapat diubah. Untuk faktor risiko yang tidak dapat diubah, seperti umur, jenis kelamin dan keturunan/ras. Sedangkan, faktor risiko yang dapat diubah yaitu kebiasaan merokok, dislipimedia (kandungan kadar lemak dalam darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah), hipertensi, diabetes mellitus, kurangnya aktivitas fisik, kelebihan berat badan dan obesitas, diet yang tidak sehat, stres serta mengkonsumsi alkohol yang berlebih.

Namun, dikutip dari halodoc.com, beberapa upaya pencegahan penyakit jantung dapat kita lakukan, antara lain :

  • Mengonsumsi makanan tinggi serat, rendah gula, dan rendah lemak
  • Menghentikan kebiasaan merokok dan menghindari paparan asap rokok
  • Memeriksa tekanan darah, gula darah, dan kolesterol secara berkala
  • Melakukan latihan fisik, seperti jogging, bersepeda, dan berenang, setidaknya 30 menit setiap hari

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL