Kemenkes Mengungkap Varian Corona Delta, 6 Kali Lebih Cepat Menular

Written by on June 30, 2021

JAKARTA, RPK FM – Penyebaran virus covid-19 secara global masih terus bertambah dari hari ke harinya. Mengutip data dari laman Worldometers, hingga Rabu (30/6/2021) siang, total kasus Covid-19 di dunia terkonfirmasi sebanyak 182.580.354 kasus.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 167.175.119 pasien telah sembuh, dan 3.953.846 orang meninggal dunia.

Kasus aktif hingga saat ini tercatat sebanyak 11.451.389 dengan rincian 11.371.471 pasien dengan kondisi ringan dan 79.918 dalam kondisi serius. Penambahan kasus aktif ini bertambah dikarenakan varian corona Delta atau B.1.617 lebih cepat menular.

Di Indonesia hal ini ditanggapi langsung oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi yang mengatakan, varian corona Delta atau B.1.617 enam kali lebih cepat menular dibandingkan varian Alpha atau B.1.1.7.

“Kita tahu ini kecepatan varian Delta penularannya bisa enam kali dari varian Alpha, jadi ini membuat kasus kita berjalan secara eksponensial,” kata Nadia dalam diskusi secara virtual, Selasa (29/6/2021).

Ia mengatakan, penelitian di Australia menyatakan bahwa varian Delta lebih cepat menular 10-15 detik saat individu berpapasan dengan orang lain tanpa memakai masker.

Padahal, varian corona sebelumnya membutuhkan waktu 10-20 menit untuk menular ke manusia.

“Jadi bisa dibayangkan kecepatan penularannya itu. Untuk itu, pakai masker dobel yaitu masker medis dan masker kain,” ujarnya.

Nadia juga menjelaskan, kemunculan varian Delta ini semakin cepat di Indonesia karena bersamaan dengan tingginya mobilitas masyarakat saat bulan Ramadhan dan Lebaran 2021.

“Kondisi ini memfasilitasi varian baru yang sudah kita temukan itu untuk lebih mudah menyebar di masyarakat akhirnya peningkatan kasus mulai terjadi,” tegasnya.

Secara ilmiah hal serula juga dinyatakan oleh Kepala petugas kesehatan Queensland, Dr Jeanette Young mengatakan, penularan virus corona tidak lagi membutuhkan waktu hingga 15 menit, namun dimungkinkan bisa dalam waktu hitungan detik.

“Dengan varian Delta, kami melihat kontak yang sangat singkat yang mengarah ke transmisi,” tegas Young.

Prof Nancy Baxter, peneliti di Melbourne University, mengatakan bahwa penularan lewat kontak singkat ini adalah contoh akurat dari sifat virus di udara. Dengan begitu, seseorang lebih rentan terpapar corona ketika melakukan kontak erat, bahkan ada potensi partikel virus masih berada di udara dan terhirup oleh orang lewat.

Hingga 20 Juni 2021, kasus Covid-19 dari variant of concern (VOC) dari varian Alpha, Beta, dan Delta di Indonesia berjumlah 211 kasus. Kasus terkonfimasi positif Covid-19 dari tiga varian tersebut ditemukan melalui metode Whole Genome Sequencing (WGS) dengan pemeriksaan sebanyak 2.242 genome sequences.

Data dari Balitbangkes Kemenkes melaporkan, terdapat 160 kasus terkonfimasi positif Covid-19 akibat varian Delta. Dari jumlah tersebut, kasus positif Covid-19 dengan varian asal India ini paling banyak terdeteksi di Jawa Tengah sebanyak 80 kasus.

“Menyusul DKI Jakarta 57 kasus, Jawa Timur 10 kasus, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan masing-masing tiga kasus, Gorontalo dan Jawa Barat masing-masing satu kasus, Banten dua kasus,” demikian bunyi data Balitbangkes Kemenkes, Rabu (23/6/2021).

Selain varian Delta, data Balitbangkes juga melaporkan terdapat 45 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 akibat varian Alpha atau B.1.1.7 asal Inggris.

Data yang sama menunjukkan, varian Alpha terdeteksi di 10 provinsi, yaitu DKI Jakarta sebanyak 33 kasus, Jawa Barat dua kasus, Jawa Timur dua kasus, dan Sumatera Utara dua kasus.

Kemudian, Bali, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, dan Riau masing-masing satu kasus. Terakhir, varian Beta atau B.1.351 asal Afrika Selatan terdapat enam kasus yang terdeteksi di tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta sebanyak empat kasus, serta Jawa Timur dan Bali satu kasus masing-masing.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL