DELEGASI INDONESIA DIPIMPIN OLEH KOMANDAN PMPP TNI HADIRI ASEAN PEACEKEEPING CENTRES NETWORK 2019

Written by on September 4, 2019

Humas PMPP TNI – Delegasi Indonesia, yang diwakili oleh Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus sebagai Head of Delegation didampingi oleh Direktur Pembinaan Kerjasama Internasional dan Informasi PMPP TNI, Kolonel Adm Victor R.C.J George, S.IP., MPACS., MMA, Atase Pertahanan Indonesia untuk Malaysia, Kolonel Inf Tri Andi Kuswantoro S.I.P beserta Staf PMPP TNI dan 2 staf Kementerian Pertahanan (Kemhan) menghadiri pertemuan 7th Annual General Meeting of ASEAN Peacekeeping Centres Network (APCN) 2019 yang secara resmi dibuka oleh Letjen Dato’ Kamalruzaman Bin Mohd Othaman, Ketua Staf Angkatan Tentera Malaysia bertempat di Ballroom Hotel Thistle, Port Dickson, Negeri Sembilan, Malaysia, Selasa (03/09).

Dalam sambutannya, Letjen Dato’ menyambut seluruh delegasi yang datang mewakili masing-masing negara ASEAN, sekaligus menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan APCN setiap tahun adalah mempererat hubungan antara negara ASEAN terutama dibidang Peacekeeping Operations, guna menjawab tantangan yang ada dalam misi pemeliharaan perdamaian dibawah bendera PBB. Selain itu Letjen Dato juga menyampaikan bahwa APCN dapat menjadi suatu Platform bagi negara ASEAN untuk membangun sebuah konektifitas sebagai bagian dari keterlibatan dan diplomasi militer.

Pada hari pertama 7th Annual General Meeting of ASEAN Peacekeeping Centres Network (APCN) 2019, panitia menghadirkan Prof Dr Dato Zakaria sebagai Key Note Sepaker yang membawa tema diskusi “ASEAN Security Architecture and Its Important to Malaysia”. Kegiatan dilanjutkan oleh paparan dari delegasi Thailand mengenai ASEAN Peacekeeping Staff Exercise (APSE) 2019 sebagai hasil kesepakatan 6th APCN 2018 yang telah diselenggarakan beberapa bulan lalu di Thailand.

Lebih lanjut pada sesi ketiga diskusi,  para delegasi membahas mengenai rencana pembentukan website APCN dan lanjutan penyeleggaraan latihan APSE termasuk membahas kemungkinan Indonesia sebagai host untuk kegiatan Field Training Exercise (FTX), yang merupakan puncak dari ASEAN Peacekeeping Exercises, pada tahun 2023.

APCN 2019 berlangsung selama 5 hari (2-6 September 2019) dan dihadiri oleh Negara-negara ASEAN dan Sekretariat ASEAN. Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Komandan PMPP TNI akan memaparkan agenda kerjasama internasional PMPP TNI yang meliputi official visits, bilateral exercise, co-deployment, dan international cooperation agenda in 2020.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Continue reading

RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp chat
%d bloggers like this: