Kasus positif Covid-19 akan melonjak, masyarakat diminta tenang.

Written by on May 14, 2020

Kurva persebaran Covid-19 di Indonesia diprediksi akan melonjak pekan depan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dikarenakan pemeriksaan Covid-19 yang semakin masif dilakukan.

“Harapan kita bisa mencapai 40.000 (tes masif) supaya itu bisa mewakili daerah merah yang kita anggap mewakili daerah tersebut” ungkap Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Doddy Ruswandi.

Bila pemeriksaan masif segera dilakukan maka hal ini bisa mempercepat penyelesaian Covid-19. Seperti negara Korea Selatan yang berhasil melandaikan kurva kasus baru viruscorona. Dengan melakukan tes hingga 20.000 kasus per hari dengan menggunakan PCR.

“Tergantung partisipasi masyarakat, kalau semua sama-sama ikut testing, mudah-mudahan kurva puncak kita di awal juni. Kalau puncak disana, kita harus siap kapasitas rumah sakit. Kalau testing selesai, puncaknya bisa tercapai, mudah-mudahan melandai ke bawah.” ungkap Doddy .

Saat ini, untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, BNPB dengan Kementerian PUPR telah meningkatkan berbagai fasilitas rumah sakit darurat, seperti melakukan renovasi, menyiapkan rumah sakit darurat dari gedung atau hotel yang tidak digunakan.

Selain itu dengan sama-sama mematuhi perintah yang sudah dibuat oleh pemerin tah seperti untuk tidak mudik, menggunakan masker saat hendak keluar rumah, dan tetap melakukan physical distancing terlebih di tempat umum. Secara cepat juga mampu menurunkan penyebaran Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Nasional Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto kembali menegaskan hingga saat ini masih belum ditemukan vaksin atau pun obat virus corona. Kita harus mampu beradaptasi dengan kondisi normal baru yaitu gaya hidup sehat dan mengedepankan perkembangan imunitas tubuh untuk mampu bertahan dalam pandemi ini.

 “Ini untuk menjaga imunitas dan juga dengan istirahat, aktivitas seimbang, asupan gizi baik. Mengendalikan penyakit ini kita harus ubah cara hidup. Ini yang kita maksud dengan gaya hidup baru, normal yang baru.” tegas Yurianto


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: