Pemerintah perpanjang subsidi listrik hingga September 2020

Written by on May 19, 2020

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah memperpanjang masa pemberian subsidi listrik gratis untuk golongan 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50 persen untuk golongan 900 VA. Kebijakan ini diperpanjang hingga 6 bulan kedepan atau hingga September 2020 mendatang.

Lebih rinci, Sri Mulyani mengatakan subsidi listrik gratis sebesar  450 VA akan diberikan kepada 24 juta rumah tangga. Sedangkan 900 VA diberikan kepada 7,2 juta rumah tangga. Adapun total anggaran keduanya mencapai Rp 61,4 triliun.

“Sebagian memang untuk subsidi listrik 450 VA dan 900 VA, subsidi April sampai Juni diperpanjang sampai September” ungkap Sri Mulyani.

Selain itu Pt PLN (Persero) selama pandemik Covid-19 juga terpaksa menangguhkan proses pencatatan dan pemeriksaan stand meter atau meteran listrik bagi pelanggan pasca-bayar. Hal ini dilakukan juga demi mengurangi adanya interaksi antara petugas dan pelanggan.

“ Ini bagian dari physical distancing yang kami lakukan, mengurangi interaksi langsung antara petugas dengan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona” ungkap Yuddy Setyo Wicaksono selaku Senior Executive Vice President Bisnis dan Pelayanan pelanggan PLN.

Sebagai gantinya, untuk pelaporan rekening tiap bulannya selama masa PSBB, PLN telah menyiapkan layanan melalui WhatsApp yang terpusat bagi para pelanggan yang ingin melaporkan angka stand dan foto kWh meter. Laporan dari pelanggan yang dikirimkan melalui WhatsApp ini nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya.

Berikut adalah cara menggunakan layanan PLN melalui WhatsApp :

  1. Hubungi PLN melalui WhatsApp di nomor 08122-123-123
  2. Ketik “Halo” pada laman percakapan
  3. Ketik “2” untuk melakukan baca meter mandiri
  4. Baca informasi yang muncul dalam laman percakapan
  5. Masukan ID pelanggan
  6. Jika ID pelanggan dan hari baca sudah sesuai lalu ketik angka stand kWh meter
  7. Ambil dan kirimkan foto kWh meter (angka stand harus terlihat jelas)
  8. PLN kemudian melakukan verifikasi data yang telah dikirimkan.

Bagi pelanggan yang tidak melaporkan angka kWh meter, dasar perhitungan tagihan listrik akan menggunakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama tiga bulan terakhir.

Sementara sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk masyarakat dengan golongan 450 VA pasca-bayar akan langsung dibebaskan tagihannya untuk bulan April, Mei hingga Juni. Sementara untuk pengguna token (prabayar) pada golongan 450 VA bisa memperoleh token dengan mengirimkan ID pelanggan ke WhatsApp PLN di nomor yang sama yaitu, 08122-123-123 atau melalui situs PLN di www.pln.co.id . Dengan ID tersebut, pelanggan prabayar akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: