STT IKAT : Persiapkan Gaya Kepemimpinan Baru di Era New Normal

Written by on June 11, 2020

Adanya Pandemi Covid-19 membuat kita harus merasakan banyak perubahan. Mulai dari gaya hidup yang menjadi lebih sehat dan peduli akan kebersihan, cara bersosialisasi dan cara fikir yang dituntut untuk lebih kreatif. Bukan hanya gaya hidup, gaya kepemimpinan juga dituntut untuk lebih berkembang untuk tetap mempertahankan organisasi yang dipimpinnya.

 “Sangat dibutuhkan pemimpin yang berkarakter dan memiliki kepemimpinan SIKIP” ungkap Dr. Jimmy M.R Lumintang MA., MBA., M.Th selaku Rektor STT IKAT pada perjumpaan melalui webinar hari ini (11/6/2020).

SIKIP yang dimaksud adalah adanya Sensitifitas, Inisiatifitas, Kreativitas,Inovatifitas dan Produktifitas. Lima sikap ini yang seharusnya dimiliki dan kembali diasah oleh para pemimpin saat ini.

“ Seoarang pemimpin seharusnya tidak reaksioner tetapi seharusnya responsif. Seorang pemimpin harus juga lebih banyak memahami situasi dan kondisi orang yang dipimpinnya.” tegas Hakim Tinggi PTUN RI, Dr. Disiplin F Manao S.H., M.H., MA., D.Min.

Menumbuhkan sikap yang lebih dewasa, dimana kita dituntut untuk harus hidup berdamoingan dengan virus Covid-19 mampu sedikit mengurangi rasa kekhawatiran yang berlebihan. Responsif akan adanya perubahan disekitar, mulai membiasakan diri untuk selalu hidup bersih dan lebih peduli terhadap kesehatan.

Hal senada juga diucapkan oleh General Manager RPK FM, Jan Calvin Pindo, S.Th mengenai adanya 4 hal yang harus diperhatikan oleh para pemimpin saat pandemi ini yaitu :

  1. Seorang pemimpinin harus komunikatif. Mampu menunjukkan sikap yang lebih tenang dalam menyampaikan persoalan yang dihadapi, mampu memberikan jalan untuk menyelesaikan persoalan dengan kalimat yang jelas, lugas dan positif.
  2. Manajemen krisis, manajemen yang mengedapankan antisipasi datangnya sebuah krisis.
  3. Harus ditandai dengan kepimpinan yang fisioner. Karena itu mereka mampu mengarahkan organisasi yang dipimpin.
  4. Seorang pemimpin harus memiliki prinsip berubah atau punah. Kita dituntut untuk terus mengikuti perkembangan yang ada untuk mempertahankan yang kita miliki.

Dengan adanya pertemuan melalui webinar ini para pemimpin dan juga masyarakat diharapkan untuk lebih siap menghadapi pandemi Covid-19 ini. Selalu menjalankan protokol kesehatan dan lebih peduli terhadap keadaan di sekitar adalah kunci.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Continue reading

RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp chat
%d bloggers like this: