Kesiapan KEMENDIKBUD Memulai Tahun Ajaran Baru 2020

Written by on June 15, 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah memastikan bahwa tahun ajaran baru akan dimulai pada bulan Juli mendatang. Namun, hingga saat ini pembelajaran masih akan dilakukan melalui internet hingga siaran radio serta TV. Hal ini dilakukan dikarenakan Kemendikbud dan gugus tugas penanganan Covid-19 masih membutuhkan waktu untuk mempersiapkan segala kebutuhan, baik sarana dan prasarana di lingkungan sekolah untuk kembali melakukan kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka langsung.

Sementara itu, Staf Ahli bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan, Chatarina Muliana Girsang menambahkan apabila ada daerah yang belum bisa menerapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara daring atau online, karena terkendala kesiapan dan lain sebagainya maka PPDB bisa dilakukan secara luring atau langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

“Jika tidak dapat dihindari adanya pelaksanaan yang harus melakukan pertemuan langsung maka untuk metode harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. Protokol kesehatan itu seperti penyediaan masker baik yang disiapkan di sekolah maupun oleh peserta didik yang bersangkutan. Kedua menjaga jarak dan menyiapkan hand sanitizer dan tidak melakukan kerumunan” tegas Chatarina.

Di lain sisi Kemendikbud memastikan bahwa jumlah siswa dan daya tampung dalam PPDB tahun 2020 tercukupi. Berdasarkan data perhitungan Pusat Data Informasi (Pusdatin) total daya tampung tahun ini jauh lebih besar dibanding total kelulusan siswa.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad juga memproyeksikan jumlah siswa baru di tahun 2020 saat ini berjumlah 10,9 juta siswa. Sementara total daya tampung siswa baru tahun 2020 berjumlah 12,9 juta siswa.

“Jadi saya kira soal daya tampung ini tidak ada masalah” ungkap Hamid.

Kemendikbud juga akan memberikan dukungan untuk memperkuat sarana-prasarana penunjang kegiatan belajar-mengajar dari jarak jauh. Sehingga pembelajaran melalui daring nantinya lebih bermakna. Selain itu, kompetensi guru dalam pembelajaran daring juga akan ditingkatkan.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: