5 Tips Bijak Hadapi Hate Speech

Written by on August 28, 2020

Banyaknya kasus hate speech atau ujaran kebencian, khususnya media sosial, saat ini sangat memprihatinkan. Dalam Surat Edaran Kapolri disebutkan bahwa pelaku hate speech dapat dipidanakan. Namun jika menjadi korban hate speech, sebaiknya kita tidak terlalu gegabah ingin langsung mempidanakan seseorang. Berikut beberapa hal yang sebaiknya perlu dilakukan terlebih dahulu untuk menghadapi hate speech tanpa melalui jalur hukum :

Introspeksi Diri
Jika merasa ada orang lain yang membicarakan sesuatu tentang diri kita, cobalah untuk mendengarkan pendapatnya. Kemudian kita bisa berkaca pada diri sendiri. Apabila yang dikatakan orang lain tentang diri kita itu benar, maka kita harus perbaiki agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Jangan Respon
Apabila memang apa yang orang lain katakan tentang diri kita itu tidak benar, sebaiknya tidak perlu kita respon. Karena terkadang ada orang yang berusaha mencari perhatian kita dengan melakukan hal-hal yang tidak penting.

Maafkan
Kita harus berbesar hati untuk memaafkan pelaku hate speech. Karena memaafkan orang lain bisa menghindarkan kita dari perasaan dan perilaku negatif.

Block, Mute, Delete
Daripada kita makan hati baca komentar yang tidak benar tentang diri kita, manfaatkanlah fitur block, mute dan delete yang disediakan di berbagai media sosial untuk menyaring informasi yang ingin dan tidak ingin kita baca.

Alihkan Perhatian
Kita tidak perlu terfokus pada apa yang dikatakan orang lain tentang keburukan kita. Kita bisa fokuskan perhatian ke hal-hal yang lebih berguna dan ke orang-orang yang menghargai kita.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: