Tips Aman Naik Kendaraan Umum Selama Pandemi Covid-19

Written by on September 14, 2020

Masyarakat diingatkan untuk terus disiplin dan menerapkan protokol kesehatan saat menggunakan transportasi umum, sebab kendaraan umum menjadi 1 dari 3 ruang publik yang berpotensi sebagai kluster baru penyebaran COVID-19, selain kantor dan restoran.

Sebelum bepergian menggunakan transportasi umum, kamu harus memperhatikan setiap imbauan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pastikan tubuh kamu dalam keadaan sehat dan tidak memiliki gejala Covid-19 agar kamu siap bepergian. Selain menyiapkan dan menggunakan masker sesuai standar, kamu juga harus menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Hand sanitizer yang menggunakan bahan alkohol berfungsi untuk membunuh kuman atau bakteri yang menempel di tangan kamu. Jadi pastikan untuk selalu membawanya setiap bepergian menggunakan transportasi publik. Membawa sendiri kelengkapan bepergian sesuai kebutuhan memang terlihat agak merepotkan, tapi akan jauh lebih aman.

Saat berada di sarana angkutan umum, hindarilah kerumunan. Kamu bisa memilih dan menggunakan kendaraan umum berpenumpang terbatas. Namun jika harus menggunakan kendaraan umum dengan kapasitas penumpang yang banyak, kamu bisa memilihnya pada jam-jam tidak sibuk. Jumlah penumpang transportasi publik seperti bus dan kereta di luar jam sibuk akan lebih sedikit. Jadi kamu bisa naik transportasi umum dengan ruang yang lebih longgar dan lebih aman. Selama menggunakan transportasi publik seperti bus, kereta, pesawat hingga ojek online, kamu wajib menggunakan masker untuk menutup mulut dan hidung. Tidak ada keharusan menggunakan masker medis, gunakan saja masker kain yang memadai. Namun agar lebih aman, kamu bisa menggunakan masker disertai dengan face shield. Kamu juga tidak pernah tahu apakah benda yang disentuh selama menggunakan transportasi publik bersih dari virus atau tidak. Semakin sering menyentuh permukaan benda, semakin besar pula kemungkinan virus menempel di tangan kamu. Jadi sebaiknya hindari menyentuh area wajah terutama bagian mulut dan hidung. Social distancing harus tetap dijalankan selama kamu melakukan perjalanan dengan transportasi umum. Usahakan untuk selalu menjaga jarak aman dengan orang lain minimal 1 meter.

Setelah kamu tiba di lokasi tujuan, gunakan hand sanitizer atau cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik sangat efektif untuk membunuh kuman dan virus. Saat menjalankan aktivitas, tetaplah selalu menggunakan masker. World Health Organization (WHO) merekomendasikan penggunaan masker non medis berbahan kain minimal tiga lapis. Masker kain tersebut dinyatakan aman untuk mencegah penyebaran virus tapi tetap nyaman digunakan dan tidak menghambat pernafasan. Dengan selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, kamu akan sangat membantu dalam mengurangi penyebaran virus.

Saat tiba di rumah, sebelum masuk, lepaskan terlebih dahulu semua perlengkapan yang kamu gunakan. Hindarilah kontak fisik dengan penghuni rumah dan menyentuh perabotan rumah. Kamu juga harus segera melepas masker dan perlengkapan bepergian lainnya kemudian cuci dengan deterjen. Setelah itu, segeralah membersihkan diri dengan mandi dan keramas. Pastikan kamu istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi tubuh.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: