Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Siapkan 3 Jenis Pompa

Written by on October 14, 2020

Menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) musim penghujan akan berlangsung mulai akhir Oktober. Melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi banjir di Ibu Kota. Ada 3 jenis pompa yang telah dimiliki untuk pengendalian banjir, yaitu Pompa Stasioner, Pompa Mobile, dan Pompa Apung.

Saat ini Dinas SDA memiliki 487 unit pompa stasioner yang tersebar di 178 lokasi. Lokasi pompa tersebut umumnya berada di dekat sungai, waduk, maupun pintu air. Ketika tinggi muka air meningkat, air akan dipompa menuju sistem drainase yang lebih besar. Menurut Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Juaini Yusuf, kondisi pompa stasioner 90% dalam keadaan baik. “Sisanya masih dalam perbaikan. Untuk pompa yang kondisinya baik pun secara rutin kami lakukan pengecekan agar pompa dapat bekerja secara optimal pada saat musim hujan,” jelasnya dalam keterangan tertulis di situs resmi Pemprov DKI Jakarta.

Selain pompa statisioner, tahun ini Dinas SDA juga telah menyiapkan penambahan sekitar 10 unit pompa mobile. “Saat ini kami telah mempunyai 160 unit pompa mobile dengan kapasitas hingga 400 liter per detik. Jumlah tersebut akan bertambah sekitar 10 unit. Pompa mobile tersebut diprioritaskan untuk lokasi seperti Kali Betik, Muara Angke dan Teluk Gong, serta lokasi rawan genangan lainnya,” lanjut Juaini.

Dinas SDA saat ini juga sudah memiliki 65 unit pompa apung yang telah disebar ke 5 wilayah DKI Jakarta. Masing-masing wilayah mendapatkan 13 pompa apung. Pompa apung memiliki bentuk yang sederhana sehingga praktis digunakan untuk menyedot air di permukaan yang tidak dapat dilalui pompa mobile. “Meski ukurannya lebih kecil dan bentuknya lebih sederhana, daya sedot pompa apung cukup besar, yakni mencapai 50 liter per detik. Kami berharap pompa apung ini dapat semakin memaksimalkan penanganan banjir di seluruh wilayah DKI Jakarta,” terang Juaini lebih lanjut.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: