Gerebek Lumpur Kali Sekretaris Kerahkan 100 Satgas Pelangi

Written by on 16 October 2020

Sebagai upaya antisipasi banjir, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) terus melakukan program Gerebek Lumpur. Pengerukan sedimen lumpur dan sampah dengan mengerahkan banyak alat berat dilakukan di Kali Sekretaris segmen Jalan Sasak III, Jakarta Barat pada Kamis (15/10/2020). Gerebek Lumpur ini juga melakukan kolaborasi lintas dinas dengan mengerahkan 100 Satgas Pelangi.

Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Juaini Yusuf menyampaikan apresiasi terhadap kolaborasi lintas dinas tersebut. “Alhamdulillah tadi pagi Pak Wali, dibantu juga Pak Camat, dan Pak Lurah hadir untuk ikut mengawasi (kegiatan Gerebek Lumpur). Dan ada sekitar 100 satgas pelangi, mulai dari Dinas dan Sudin SDA, Dinas Bina Marga, PPSU Kelurahan dan Kecamatan. Mudah-mudahan dengan adanya kolaborasi ini Dinas SDA bisa lebih cepat menyelesaikan pengerukan ini,” kata Juaini dalam keterangan tertulisnya di situs resmi Pemprov DKI Jakarta.

Kali Sekretaris dipilih menjadi prioritas lokasi pengerukan karena kawasan tersebut rawan banjir. Hulu Kali Sekretaris berada di Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan dan melintasi Jakarta Selatan hingga ke Jakarta Barat. Kondisi sekitar kali yang padat penduduk membuat pengerukan tidak dapat dilakukan terlalu dalam, yaitu maksimal kedalaman 1 meter. “Karena kawasan ini sering banjir. Sehingga sekitar kawasan ini perlu dikeruk. Kali Sekretaris juga dapat kiriman dari hulunya. Selama ini mungkin sudah banyak endapan lumpur di kali ini. Sehingga harus kita keruk untuk menambah kapasitas” terang Juaini lebih lanjut.

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, yang turut hadir untuk meninjau kegiatan tersebut berharap program Gerebek Lumpur dapat dilakukan secara berkelanjutan. Tidak hanya dilakukan oleh petugas tapi masyarakat sekitar juga harus berpartisipasi dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Sebenarnya kegiatan Gerebek Lumpur ini merupakan salah satu pelecut untuk seterusnya dilakukan. Dan saya berharap kegiatan ini nanti diikuti oleh masyarakat yang lainnya, Pak RT, Pak RW, dan seluruh tokoh masyarakat yang hadir bisa digelorakan, bisa disampaikan juga kepada masyarakat yang lain untuk menjaga lingkungan sekitar,” imbau Uus.

Kegiatan pengerukan lumpur di Kali Sekretaris telah dilakukan sejak awal Januari 2020 di Kelurahan Sukabumi Selatan. Total panjang pengerukan Kali Sekretaris di sepanjang tahun 2020 adalah 2.300 meter. Yang sudah dikeruk tahap I pada segmen perbatasan Jakarta Barat sampai dengan Jalan Panjang adalah 1.600 meter dan rencana tahap II yaitu pada segmen Jalan Sasak III ke arah hilir adalah 700 meter. Program ini diharapkan dapat mengurangi dampak banjir yang biasanya melanda Kelurahan Sukabumi Selatan, perbatasan Kelurahan Sukabumi Utara dan Kelurahan Kelapa Dua, serta Kelurahan Kelapa Dua, Jakarta Barat.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL