Presiden Joko Widodo Nyatakan Siap Divaksinasi Covid-19 Lebih Awal

Written by on November 18, 2020

JAKARTA, RPK FM – Presiden Joko Widodo mengatakan siap divaksinasi Covid-19 paling awal, dengan catatan jika diminta oleh tim. Hal ini dikatakannya Jokowi saat berkunjung ke Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat, dipantau melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/11/2020).

Jokowi sebelumnya mengatakan bahwa tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat akan menjadi prioritas untuk mendapat vaksin, dimana proses vaksinasi diperkirakan akan dilakukan pada akhir tahun 2020 atau awal 2021. Disaat itulah pernyataan kesiapan dirinya mengenai vaksin terlontar. “Kalau ada yang bertanya presiden nanti di depan atau di belakang? Kalau oleh, kalau oleh tim diminta saya yang paling depan, saya siap,” katanya.

Sampai saat ini, Jokowi mengakui bahwa vaksin akan datang ke Indonesia pada November atau Desember 2020, baik dalam bentuk vaksin jadi maupun bahan baku yang nantinya diolah di Biofarma. Jokowi memastikan, vaksin yang akan digunakan masuk ke dalam daftar Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Nantinya proses vaksiasi harus menempuh prosedur otorisasi penggunaan darurat atau emergency use authorization di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) selama kurang lebih 3 minggu. Setelahnya, vaksin dapat didistribusikan dan digunakan secara massal. Jokowi menegaskan bahwa proses ini harus mengikuti Kaidah-kaidah scientific, kaidah-kaidah ilmiah, yang mana keselamatan dan keamanan masyarakat harus menjadi perhatian utama.

Tagged as

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
%d bloggers like this: