Jelang Natal dan Tahun Baru 2021, Stok Pangan dipastikan Aman

Written by on November 26, 2020

 

(Foto : Antara Foto/Oky Lukmansyah)

Perayaan hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 kian semakin dekat. Merayakan dengan situasi berbeda, kali ini masyarakat dihimbau untuk tetap berada dirumah untuk menghentikan persebaran virus Covid-19. Oleh karena itu masyarakat sangat memerlukan adanya persiapan, terlebih persiapan pangan.

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta telah melakukan monitoring ketersediaan sembilan pangan strategis ke BUMD pangan seperti, PT. Food Station Tjipinang Jaya, PD. Dharma Jaya, dan Perumda Pasar Jaya di Pasar Induk Kramatjati.

Berdasarkan pantauan terhadap stok yang tersedia dan rencana pengadaan pangan oleh BUMD stok pangan hingga Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dipastikan aman. Plt Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, warga Jakarta tidak perlu khawatir karena Pemprov DKI Jakarta terus berkomitmen untuk menjamin tersedianya pangan tersebut.

“Berdasarkan pantauan kami, stok pangan strategis yang tersedia di importir, distributor, pasar tradisional, dan swalayan aman. Harganya pun stabil. Maka itu, warga Jakarta tidak perlu panic buying,” ungkap Eli, Kamis (26/11) dalam keterangan pers yang dihimpun dari beritajakarta.id.

Eli menjelaskan, khusus komoditas yang tidak dapat distok seperti bawang merah dan cabai Dinas KPKP DKI Jakarta berkoordinasi dengan pihak terkait dan pelaku usaha.

“Hingga tahun baru aman karena daerah produsen sedang panen,” kata Eli.

Dia menambahkan, dari sisi mutu Pemprov DKI Jakarta juga melakukan pengawasan pangan segar terpadu hasil pertanian, perikanan, dan produk hewan.

“Pelaksanaan pengawasan untuk menjamin pangan yang beredar di Jakarta aman dari bahan kimia berbahaya seperti formalin, residu pestisida, klorin, logam berat,” tandas Eli.

Sembilan pangan strategis yang dipastikan ketersediannya aman menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yakni, beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, bawang putih, bawang merah, cabai, gula pasir, dan minyak goreng.

Kepala Bagian Pengadaan Barang PT Food Station Tjipinang Jaya, Ferry Fardiansyah mengungkapkan, pihaknya juga memastikan adanya antisipasi kenaikan harga dalam rapat koordinasi (rakor) menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru 2021 di kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

“Rakor juga bertujuan mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok, khususnya menjelang hari besar keagamaan dan akhir tahun,” tegasnya.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL