[Cek Fakta] Viral Video Rombongan Jokowi Mudik, Istana Beri Penjelasan

Written by on May 10, 2021

JAKARTA, RPK FM – Video iring-iringan rombongan kendaraan Presiden Joko Widodo viral di media sosial. Dalam video tersebut dinarasikan bahwa rombongan Jokowi sedang dalam perjalanan mudik.

Dengan segera Sekretariat Presiden membantah kabar tersebut dalam rangka mudik. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membenarkan iringan di video itu adalah rombongan kepresidenan. Namun, ia menegaskan rombongan itu tidak mengantar Jokowi pulang kampung.

“Itu benar rombongan Presiden. Video tersebut saat Presiden kunjungan kerja ke Jawa Timur hari Kamis 6 Mei 2021,” kata Bey lewat keterangan tertulis, Senin (10/5/2021).

Bey menjelaskan video itu diambil di daerah Gresik sebelum masuk Gerbang Tol Kebomas. Saat itu, Jokowi dan rombongan dalam perjalanan dari Lamongan menuju Surabaya.

“Jadi, bukan mudik, tapi kunjungan kerja ke Jawa Timur,” tegas Bey.

Dia menyampaikan Jokowi menghadiri peresmian fasilitas pengelolaan sampah jadi energi listrik. Jokowi juga didampingi Mensos Tri Rismaharini dan Wali Kota Surabaya di lokasi peresmian.

“Meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo,” tuturnya.

Larangan mudik Lebaran 2021 masih berlaku mulai 6-17 Mei 2021. Bahkan pemerintah juga memberlakukan aturan tambahan berupa pengetatan perjalanan berlaku mulai 22 April-5 Mei dan 18-24 Mei 2021.

Ketentuan peniadaan mudik dan pengetatan perjalanan tertuang dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021. Dalam SE tersebut, dijelaskan bahwa setiap anggota masyarakat dilarang melakukan perjalanan antarkota/kabupaten/provinsi/negara untuk tujuan mudik.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL