Peduli Penyelenggaraan Pemilu yang Demokratis, UKI Kerjasama dengan Bawaslu DKI Jakarta

Written by on October 7, 2022

Kepedulian terhadap penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 yang demokratis dan edukasi menyeluruh terhadap para pemilih pemula, membuat Universitas Kristen Indonesia (UKI) menjalin kerjasama secara resmi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta, melalui penandatanganan MoU (Memorandum Of Understanding) di Graha William Soeryadjaya, UKI, Jakarta Timur, Kamis (6/10).

Dalam penandatanganan ini, dilakukan langsung oleh Dr. Hulman Panjaitan, S.H., M.H. (Wakil Rektor UKI Bidang Akademik dan Inovasi), dan Siti Khofifah, S.Ag., M.Si (Komisioner Bawaslu DKI Jakarta). Penandatanganan kerjasama ini juga yang sekaligus membuka rangkaian acara seminar bertema “Peran Lembaga dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Generasi Muda dalam Memilih dan Mengawasi Pemilu 2024” yang dilaksanakan Program Studi Ilmu Politik, Fisipol UKI bekerjasama dengan Bakesbangpol Provinsi DKI Jakarta, KPU Jakarta Timur dan Bawaslu Kota Jakarta Utara.

Dalam sambutannya, Dr. Hulman Panjaitan sangat mengapresiasi kerjasama dengan Bawaslu dan juga penyelenggaraan seminar yang diinisiasi oleh Fisipol UKI. “Kami sampaikan apresiasi kepada Fisipol UKI yang menginisasi seminar ini, dimana kami telah mengikuti setiap kinerja Fisipol UKI yang juga menyumbang sumbangsih prestasi untuk akreditasi UKI menjadi unggul. Untuk itu, Jangan pernah berhenti berprestasi dan jangan berhenti memberi sumbangsih kepada universitas dan kepada negara kita tentunya. Seminar ini merupakan sumbangsih pemikiran dari UKI kepada negara. Kami berharap seminar ini tidak hanya bermanfaat bagi UKI, tapi juga kepada negara, dalam rangka menuju pesta demokrasi 2024. Dan juga kami mengapresiasi Bawaslu dengan kerja sama yang ada, untuk mengajak kita bersama mengawal proses pesta demokrasi,” ujarnya.

Sementara itu, Bawaslu DKI Jakarta yang diwakili oleh Siti Khofifah, balik memberi apresiasi dan penghargaan kepada UKI yang mau bekerja sama dan ikut peduli terhadap berjalannya demokrasi dalam hal penyelenggaraan Pemilu. “Melalui seminar ini, kelompok muda terlebih pemilih pemula siap menjadi generasi 3M yaitu siap memilih, mengawasi dan menginspirasi pembangunan politik di tanah air lewat pemilu 2024. Kami sangat membutuhkan sinergi dan kolaborasi dari seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan mengawal Pemilu,” tutur Siti Khofifah.

“Partisipasi pemilu dalam konteks Bawaslu, adalah bagaimana kami mengajak seluruh masyarakat utk bagaimana mengawasi tahapan seluruh proses pemilu. Mengawasi kesemuanya, agar pemimpin atau wakil rakyat yang terpilih dapat dipastikan mengakomodir setiap aspirasi dan kepentingan masyarakat dalam berbagai aspek. Dengan ikut mengawasi, legitimasi pemilu akan berjalan baik,” tutupnya.

Dalam seminar itu sendiri hadir beberapa narasumber seperti Benny Sabdo Nugroho, S.H., M.H (Komisioner Bawaslu Kota Jakarta Utara), Dr. Osbin Samosir, M.Si (Dosen Ilmu Politik UKI), Drs. Dirhamul Nugraha, M.Si (Kepala Suku Badan Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Selatan), dan Wage Wardana, M.Pd (Ketua KPU Kota Jakarta Timur), diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Prodi Ilmu Politik UKI yang antusias memenuhi ruangan seminar tersebut.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL