Peringati Sumpah Pemuda, Rektor UKI Dorong Generasi Muda Miliki Wawasan Kebangsaan dan Pribadi yang Tangguh dan Berkarakter

Written by on October 28, 2022

Jakarta, RPKFM – Memperingati 94 tahun Sumpah Pemuda, Rektor UKI Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA mengajak seluruh pihak khususnya para mahasiswa-mahasiswi sebagai insan generasi muda penerus bangsa untuk memiliki Wawasan Kebangsaan yang kuat dan kokoh.

Hal ini disampaikan Dhanis dalam Upacara Pengibaran Bendera Hari Sumpah Pemuda ke-94, di halaman Universitas Kristen Indonesia, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (28/10/2022). “Mahasiswa UKI datang dari berbagai daerah Indonesia, tidak saja dari kota besar namun juga desa-desa terdepan dan terluar yang mungkin belum membayangkan besarnya bangsa ini. Bangsa yang multikultural ini juga diintai oleh isu-isu perpecahan yang dipicu oleh berbagai kepentingan. Untuk itulah identitas kebangsaan kita harus terus-menerus diasah agar tidak mudah terprovokasi atau berandil dalam memecah belah bangsa atas nama kepentingan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab,” ujarnya.

Dhanis menambahkan bahwa wawasan kebangsaan tidak akan mencabut setiap pribadi dari akar kesukuan, namun menurutnya justru semakin menguatkan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia. “Mahasiswa harus memahami sistem nasional kita, yaitu, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika untuk memahami berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa ini dan kemudian akan menjadi bagian dari solusi permasalahan.”

Selain wawasan kebangsaan, Dhanis juga memberi dorongan agar mahasiswa berusaha dan menyiapkan diri menjadi pribadi yang tangguh yang  berkarakter. Menurutnya, masa saat ini menuntut mahasiswa yang mampu bergerak dengan lincah di era perubahan yang penuh dengan ketidakpastian. “Hanya mereka yang dapat menyikapi peradaban global di masa mendatang dan yang dapat beradaptasi dengan perubahan cepatlah yang akan memenangkan kompetisi yang semakin sengit. Mengingat generasi muda adalah kekuatan bangsa kita di masa depan, kita akan memperkuat karakter mereka dengan menanamkan nilai-nilai UKI, yaitu rendah hati, berbagi dan perduli, disiplin, profesional, bertanggung jawab, dan berintegritas. Keenam nilai ini akan menjadi benteng pertahanan kokoh di saat badai kehidupan menerjang,” jelasnya.

Beberapa poin penting lainnya yang disampaikan Dhanis adalah peluang dan tantangan dalam menghadapi Bonus Demografi yang akan dihadapi Indonesia. Menurutnya inilah kesempatan kepada generasi muda untuk menyiapkan diri menjadi SDM yang bermutu dan berdaya saing untuk Indonesia di masa depan.

Upacara Pengibaran Bendera Hari Sumpah Pemuda ke-94 ini diikuti oleh para pimpinan dan kepegawaian Rektorat UKI, para dosen dan juga para mahasiswa-mahasiswi yang memenuhi halaman parkir UKI sejak pagi, dengan prosesi upacara pengibaran bendera yang dilakukan oleh pasukan pengibar bendera, juga diisi oleh persembahan lagu dari Paduan Suara Mahasiswa UKI.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL