Perkuat Peran Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi, UKI Bekerja Sama dengan IKSAD Institute, Turki

Written by on 7 November 2022

Jakarta, RPKFM – “Pembangunan suatu negara tergantung pada kontribusi yang dapat diberikan oleh masyarakat negara tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui pendidikan yang baik dan berkelanjutan,”ujar President of IKSAD Institute (Economic Development and Social Research Institute), Mustafa Latif EMEK, Ph.D. dalam Public Lecture ‘‘Education’s Role in Economic Development’, di Ruang Video Conference, Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta (04/11). Dalam kegiatan ini dilaksanakan pula penandatanganan kerja sama antara Program Pasca Sarjana UKI dengan IKSAD Institute, Istanbul, Turki.

Dalam kuliah umum yang diselenggarakan secara hybrid ini, Mustafa Latief mengatakan pemenuhan kebutuhan tenaga kerja yang berkualitas sangat penting bagi perekonomian, dalam upaya untuk membuka diri ke luar negeri dan mendapatkan daya saing internasional. “Meningkatkan produktivitas tenaga kerja, mendukung dan mempercepat pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan, adalah tugas pendidikan, yang merupakan kunci perubahan dan pembangunan,” tutur Mustafa.

Menurut Mustafa, pendidikan bertanggung jawab untuk menyediakan individu dengan perilaku baru sehingga dapat beradaptasi dengan perubahan di lingkungan. Sistem pendidikan dapat memenuhi kewajiban ini dengan mencapai kualitas yang dapat mengikuti perkembangan informasi dan teknologi yang cepat berubah. “Sistem pendidikan harus selalu dalam keadaan berubah dan berinovasi. Tujuan pendidikan tidak hanya untuk melatih orang-orang yang melek huruf, tetapi juga untuk melatih wirausahawan yang kreatif dan giat yang dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal,” ujarnya.

Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono menyambut inisiasi kolaborasi dengan IKSAD Institute. “Kami bekerja sama dengan berbagai universitas dan institusi lokal dan internasional untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan kami yang profesional dan kompeten di bidangnya. UKI terus mengembangkan dan memperluas hubungan kerja sama secara global untuk menjadi universitas yang kredibel dan berkualitas tinggi di ranah internasional,” ujar Dhaniswara.

Direktur Progam Pasca sarjana UKI, Prof. Bernadetha Nadeak menjelaskan bahwa kerja sama ini terkait kerjasama dalam peningkatan sumber daya manusia dalam pengajaran, pertukaran dosen, penelitian bersama, serta publikasi internasional.

“Saya mendukung kesepakatan antara IKSAD dan UKI mengenai program pengembangan pendidikan, penelitian dan publikasi internasional bagi dosen dan mahasiswa di lingkungan UKI khususnya di Program Pascasarjana UKI. Dengan kolaborasi ini, Program Pascasarjana UKI percaya akan ada peningkatan besar dalam proses pengajaran, pertukaran dosen, penelitian bersama, penerbitan jurnal internasional dan pengabdian kepada masyarakat,” pungkasnya.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL