Presiden Korea Selatan Sampaikan Permintaan Maaf Atas Tragedi Perayaan Halloween Itaewon

Written by on 7 November 2022

Jakarta, RPK FM – Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol meminta maaf kepada masyarakatnya atas tragedi perayaan Halloween di Itaewon pada 29 Oktober lalu yang menewaskan 156 orang.

“Saya minta maaf dan sangat memohon maaf kepada keluarga yang berduka dan menderita atas tragedi yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata ini. Saya juga minta maaf kepada orang-orang yang merasa sakit dan sedih karena tragedi ini,” ungkap Yoon yang dikutip dari Yonhap saat mengunjungi lagi lokasi kejadian pada Senin (7/11/2022).

Pernyataan ini diungkapkan sebagai permintaan maaf resmi pertamanya kepada negara, meskipun sebelumnya sudah meminta maaf dalam sambutannya selama upacara peringatan kematian korban secara Buddha dan Kristen.

Yoon berjanji akan melakukan investigasi menyeluruh dan menghukum keras para pejabat yang bertanggungjawab dan ketahuan ceroboh dalam menangani kerumunan massa perayaan Halloween di Itaewon.

“Saya juga minta maaf kepada orang-orang yang merasa sakit dan sedih karena tragedi ini,” ucapnya lagi.

Yoon juga mendesak untuk memperbaiki peraturan antibencana dan keselamatan yang sudah ada untuk membuat negara lebih aman.

“Khususnya, untuk melindungi keselamatan masyarakat, kita membutuhkan inovasi besar dalam cara polisi bersiap menghadapi risiko dan mencegah kecelakaan,” tegasnya.

Sampai saat ini, Korea Selatan masih melakukan investigasi mengusut penyebab tragedi Halloween Itaewon. Salah satu fokus penyelidik adalah memastikan keberadaan petugas polisi yang bertanggung jawab saat insiden terjadi.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL