Kemendikbudristek Serius Urus Talenta Indonesia

Written by on December 22, 2022

Kemendikbudristek Serius Menemukenali, Mengkurasi, Merekam, dan Mengembangkan Talenta Indonesia

Sahabat RPK, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Suharti mengungkapkan bahwa Indonesia kaya akan talenta muda berprestasi. Sepanjang tahun 2022 Pusat Prestasi Nasional telah menemukenali sekitar 197 ribu talenta berprestasi di tingkat daerah maupun provinsi, 20 ribu peserta di tingkat nasional, 3.500 peraih kejuaraan di tingkat nasional, dan 207 peraih medali di tingkat internasional. Para pemenang akan terus dikonsolidasikan, prestasi dan karya-karyanya akan dikurasi, “Kita petakan dan kita rekam secara lebih baik,” demikian ujar Suharti.

Hal itu Sahabat RPK, menurut Suharti untuk mendukung pelaksanaan amanat Manajemen Talenta Nasional dan Desain Besar Olahraga Nasional yang merupakan arahan Presiden Joko Widodo. Pemaparan itu disampaikannya pada acara Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra 2022 yang diselenggarakan oleh Puspresnas dan Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) di Kantor Kemendikbudristek, di Senayan, Jakarta pada hari Selasa tanggal 20 Desember 2022. Melalui sistem atau platform Kurasi yang terus dikembangkan, Kemendikbudristek terus mendorong peran kementerian/lembaga, organisasi dan masyarakat untuk bergotong royong menyelenggarakan berbagai ajang/festival sampai didapat lebih banyak lagi talenta yang beragam di Indonesia.

Sahabat RPK, Kemendikbudristek juga memperkuat basis data prestasi dan platform kurasi untuk mendukung pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di semua jenjang pendidikan. Dengan demikian, menurut Suharti, jaminan karier belajar dan pemberian insentif/penghargaan dari peserta didik berprestasi dapat terlaksana lebih baik. Dan bersama LPDP, Kemendikbudristek berkomitmen memperkuat serta memperluas pemberian beasiswa gelar dan nongelar bagi peserta didik berprestasi melalui Program Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

Di tahun 2022 ada 171 orang sedang menempuh studi di berbagai perguran tinggi utama dunia, pemberian insentif dan penghargaan bagi satuan pendidikan berprestasi melalui BOS, “Kinerja Prestasi yang terus diperbanyak dan diperluas sasarannya tahun depan,” ungkap Suharti. Suharti juga mengapresiasi kolaborasi berbagai pihak yang telah mendukung semua program yang berkaitan dengan pengembangan talenta anak-anak Indonesia.

Sahabat RPK, Kurasi talenta merupakan proses identifikasi, menilai, menyimpulkan, dan memberi pengakuan resmi kepada ajang talenta non-Puspresnas maupun peserta didik berprestasi. Hasil kurasi akan masuk di pencatatan database ajang talenta dan peserta didik berprestasi Puspresnas. Kurasi talenta bertujuan memberikan pengakuan resmi pemerintah kepada ajang talenta maupun peserta didik berpestasi sehingga peserta berhak mendapatkan manfaat mendukung karir belajar atau karir profesionalnya, seperti beasiswa, kemudahan masuk jenjang pendidikan berikutnya melalui jalur prestasi dalam program PPDB, dan sebagainya.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL