Indonesia Siap Selenggarakan iGeo – 19

Written by on 3 March 2023

Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan International Geography Olympiad atau iGeo ke-19, menyatakan siap. iGeo 19 yang diselenggarakan tanggal 8 sampai dengan 14 Agustus 2023 di Bandung, Jawa Barat itu, diawali dengan kehadiran Task Force yang diterima Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia atau Puspresnas, Kemendikbudristek RI. Task Force iGeo hari itu terdiri dari Su-Min Shen dari Department of Geography, National Taiwan Normal University, dan Hana Svobodová dari Department of Geography, Faculty of Education, Masaryk University, Republik Ceko.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, menyatakan bahwa penerimaan dari kunjungan itu membuktikan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah iGeo tahun 2023. Pada tahun 2022 Kemendikbudristek RI sukses menyelenggarakan International Olympiad in Informatics atau IOI. “Kami berharap lewat kunjungan Task Force ini dapat menunjukkan ke mata dunia bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah iGeo,” demikian tutur Suharti di kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, pada hari Senin tanggal 27 Februari yang lalu. Sebagai gambaran, ajang iGeo di Indonesia pada bulan Agustus 2023 nanti, bukan sekadar lomba, namun peserta akan dibuat mengenal beragam seni dan budaya Indonesia.

Sebagai penyelenggara, berharap nanti para peserta membawa pengalaman yang berharga. Suharti mengucapkan terima kasih kepada perwakilan Task Force yang mengunjungi Indonesia. Pelaksana Tugas Kepala Puspresnas, Hendarman mengatakan, bahwa kunjungan Task Force sebaga salah satu rangkaian persiapan Indonesia menjadi tuan rumah iGeo. Dalam kunjungan itu, kata Hendarman, untuk melihat persiapan Indonesia, dalam hal ini Jawa Barat, terkhusus lagi kota Bandung. Hendarman menjelaskan bahwa penyelenggaraan iGeo di Indonesia adalah kerja sama banyak pihak, “terutama Kemendikbudristek melalui Puspresnas yang didukung oleh Ikatan Alumni Tim Olimpiade Geografi Indonesia,” begitu ungkapnya memaparkan.

Hana Svobodová mengaku senang berkunjung ke Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa siswa-siswi asal Indonesia banyak yang berprestasi di ajang iGeo. Melalui kunjungan tersebut Hana berharap mendapat informasi penting, “mengenai persiapan penyelenggaraan iGeo di Indonesia,” begitu ujar Hana. Dalam kunjungan satu minggu itu, rombongan melakukan kunjungan ke kota Bandung, Jawa Barat, sebagai rangkaian persiapan iGeo ke-19. Sebagai informasi, iGeo merupakan kompetisi dunia di bidang geografi bagi siswa tingkat menengah. Indonesia jadi tuan rumah iGeo tahun 2023 merupakan bentuk komitmen Indonesia berpartisipasi menyukseskan tujuan iGeo, kemudian komitmen untuk membina kualitas pendidikan bidang geografi, lingkungan, dan juga komitmen mendapatkan pengalaman berharga menjadi bagian dari komunitas geografi dunia.

Pelaksanaan iGeo ke-19 di Bandung bulan Agustus nanti, akan dihadiri sekitar 300 peserta dan pendamping dari 60 negara, serta tamu-tamu akademisi dari berbagai universitas. Tidak ketinggalan juga para pejabat pemerintahan, dan diplomat dari level nasional hingga internasional. Peserta Indonesia merupakan peserta didik hasil OSN nasional yang telah diseleksi untuk mengikut kompetisi internasional.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL