Ditengah Tekanan dan Tuduhan, Al Zaytun Tetap Berbagi Kasih

Written by on July 2, 2023

Di tengah tekanan berbagai tuduhan dan tudingan, Ma’had Al Zaitun (MAZ) tetap tegar dalam keimanan, dengan membagikan 5.434 Paket Idul Adha kepada masyarakat dan para sahabat-sahabat MAZ. Bantuan dalam memperingati Hari Raya Idhul Adha 1444 Hijriyah itu juga diterima Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (PEWARNA Indonesia) sebanyak 50 paket kurban pada hari Sabtu tanggal 1 Juni 2023 yang lalu.

Paket yang tiba pada pukul 14.00 adalah yang ketiga kalinya diterima PEWARNA Indonesia. Ketua Umum PEWARNA Indonesia, Yusuf Mujiono saat duhubungi mengatakan bahwa bantuan ini bentuk kasih persahabatan dari Syakh AS Panji Gumilang kepada para sahabatnya termasuk PEWARNA Indonesia. Yusuf mengatakan bahwa, sekali pun di tengah tuduhan dan tudingan buruk berbagai pihak, Syakyh Panji Gumilang tak surut dalam berbagi kasih. “Terima kasih kepada pimpinan ponpes Al Zaytun dan keluarga besar MAZ yang sudah berbagi kasih,” begitu ucap Yusuf yang saat dihubungi sedang dalam kegiatan kerja di Papua. “Semoga persahabatan ini terus terjalin,” lanjut Yusuf menekankan.

Laporan dari Reporter Endharmoko menyebutkan bahwa, sekali pun dalam terpaan tuduhan dan tudingan dari berbagai pihak, Ponpes MAZ di Indramayu, Jawa Barat, tetap teguh dalam menjalankan ibadah Idul Adha-nya, termasuk dengan menyembelih 30 sapi, 205 domba, dan 30 kambing. Mengutip dari Youtube Al Zaytun Official, Syakh Panji Gumilang mengatakan ada total bobot dari 30 ekor sapi itu setara dengan 18.920 kilogram daging. Sementara 30 kambing dengan bobot total 1.123 kilogram daging dan 205 domba dengan jumlah bobot setara 5.799 kilogram daging. Dan semua daging kurban yang disembelih ini didistribusikan kepada masyarakat yang dengan jumlah sebanyak 5.434 penerima.

Masih dalam penyampaiannya itu, Syakh Panji mengatakan bahwa, hewan yang dikurbankan di hari itu hanya pengorbanan kecil yang bisa dinilai dengan kilogram dan jumlah kepala hewan. Menurutnya, pengorbanan yang jauh lebih besar itu adalah usaha untuk memahami ajaran agama, “‚Ķagar kita mampu hidup dengan mengenali, memahami apa ajaran kita yang hakiki,” demikian Syakh Panji dalam khotbah yang disampaikan dalam Shalat Idul Adha 1444 H di Masjid Rahmatan Lil Alamin, pada hari Kamis tanggal 29 Juni 2023 yang lalu.

Seperti yang kita tahu, dalam program double Ceck Kick Andy, melalui wawancara khusus dengan Andy Noya, Syakh Panji telah menjawab semua tuduhan dan tudingan yang sebenarnya dikembangkan berbagai pihak. Dan mengenai hal ini, Yusuf berharap semua pihak bisa dengan sehat melihat jernih permasalahan yang ditimbulkan terhadap MAZ. “Semoga masalah lekas usai dan pendidikan di MAZ tidak terganggu,” demikian Yusuf menutup perbincangan ini.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL