Ribbon Cancer Awareness Warnai Hari Kanker Sedunia 2019

Written by on February 18, 2019

Sejumlah masyarakat yang peduli terhadap kesehatan dan penanggulangan kanker memenuhi Bundaran Hotel Indonesia saat Car Free Day, Minggu (17/2) untuk bersama-sama memperingati Hari Kanker Sedunia dan menkampanyekan hidup sehat untuk terhindar dari bahya kanker. Para masyarakat ini tergabung dari berbagai LSM, yayasan, perusahaan dan kelompok survivor Kanker.

Diinisiasi oleh Rumah Sakit Kanker Dharmais dan LSM Pemerhati Kanker, mereka mengkampanyekan “Ribbon Cancer Awareness” dengan membentuk pita, yang mewakili kanker, dengan jumlah peserta kurang lebih 1000 orang. “Komitmen kita bersama, bahwa Kanker harus menjadi musuh bersama. Tentunya dengan kesadaran bersama, maka kita akan melihat menurunnya angka kematian akibat kanker,” ujar Direktur Utama RS Kanker Dharmais Prof.dr.H. Abdul Kadir,Sp.THT-KL(K), MARS.

Smentara itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), dr. Cut Putri Arianie, MHKes, mengatakan bahwa kampanye seperti ini sangat penting untuk meningkatkan terus kesadaran bersama terhadap kanker yang angka penderitanya cukup tinggi. “Masyarakat perlu tahu bahwa kanker dapat dikendalikan dan diobati, jika dideteksi secara dini, dan juga pola hidup sehat yang harus dilakukan setiap hari,” ujarnya.

Data dari Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi Penyakit Tidak Menular mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan Riskesdas 2013, antara lain kanker, stroke, penyakit ginjal kronis, diabetes melitus, dan hipertensi. Prevalensi kanker naik dari 1,4% (Riskesdas 2013) menjadi 1,8%. Kenaikan ini berhubungan dengan pola hidup, antara lain merokok, konsumsi minuman beralkohol, aktivitas fisik, serta konsumsi buah dan sayur.

Untuk itulah kampanye-kampanye kesehatan dan sosialiasi mengenai kanker yang dilakukan oleh pemerintah bersama-sama dengan masyarakat, sangat penting dilakukan dengan tujuan utamanya adalah memperlambat laju pertumbuhan kanker di Indonesia, sembari meningkatkan kesehatan masyarakat.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: