Presiden Jokowi akan Umumkan Kabinet Kerja Jilid II pada Senin Pagi

Written by on October 21, 2019

Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan menteri-menteri yang akan mengisi Kabinet Kerja Jilid II pada Senin (21/10/2019) besok, dengan dihadiri oleh Wakil Presiden Kiai Haji Ma’ruf Amin. Dirinya juga tidak menyebut secara rinci kapan tanggal ia akan melantik para pembantunya, setelah hari yang sama besok atau hari-hari setelahnya.

“Besok pagi akan saya kenalkan. Mengenai pelantikan, mestinya setelah dikenalkan. Harinya kapan? Ditunggu besok,” ujar Jokowi. di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta pada Minggu (20/10/2019).

Sementara itu, Mantan Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, akan ada perubahan nomenklatur kementerian di periode kedua Joko Widodo. Selain ada juga kemungkinan penambahan posisi wakil menteri di sejumlah kementerian/lembaga. Sebab, menurut dia, beberapa lembaga dan kementerian akan lebih banyak diisi oleh kerja teknis. Ini menuntut peran yang bisa diisi oleh wakil menteri.

“Karena itu tadi saya bilang bahwa untuk periode kedua ini cukup komplet, karena presiden sangat concern terhadap beberapa masukan dan usulan,” ujarnya, meski Ngabalin enggan mengungkapkan jumlah wakil menteri baru yang akan ditambah presiden.

Ngabalin hanya mengatakan, wakil menteri itu akan diisi oleh unsur partai politik, unsur dari profesional dan politisi yang memiliki latar belakang ilmu pengetahuan juga akan mengisi posisi wakil menteri. “Presiden mengharapkan agar tingkat kompetensi yang dipercaya diamanahkan untuk menduduki pos-pos itu adalah mereka yang punya kemampuan, kapasitas. Yang lebih terpening itu adalah memiliki keberanian untuk menyampaikan kepada publik apa dan bagaimana yang sudah dikerjakan,” kata dia.

Seperti diketahui, Jokowi-Ma’ruf Amin telah dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 hingga 2024. Acara pelantikan yang digelar di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, berjalan lancar tanpa hambatan.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: