Keluarga dan Diabetes, Menjadi Fokus Utama di Hari Diabetes Sedunia 2019

Written by on November 14, 2019

14 November yang diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia ini sudah dimulai sejak tahun 1991, yang saat itu digagaskan oleh IDF (International Diabetes Federation) dan WHO (World Health Organization).

Seperti di kutip dari laman worlddiabetesday.org Federasi Diabetes Internasional (IDF) pada tahun 2019 ini memfokuskan kepada peningkatan kesadaran akan dampak diabetes pada keluarga, keluarga tempat penyemangat bagi anggota keluarga yang saat ini memiliki diabetes, perawatan, pencegahan dan pendidikan diabetes.

Indonesia sendiri menempati peringkat ke-6 sebagai negara dengan jumlah orang dengan diabetes terbanyak (10,3 juta), menurut data IDF. Diurutan pertama ditempati negara China (114,4 juta), India (72,9 juta), Amerika Serikat (30,2 juta), Brazil (12,5 juta) dan Meksiko (12 juta) pada tahun 2017.

Diabetes tipe 2 atau yang sering diketahui sebagai diabetes melitus, adalah jenis diabetes yang paling banyak diderita. Diabetes melitus ini dapat dikenali dari gejala gejala seperti sering buang air kecil terutama di malam hari, cepat lapar dan dahaga, cepat lelah & mengantuk, penglihatan kabur, ibu yang melahirkan bayi lebih dari 4 kg dan berat badan menurun dikala nafsu makan bertambah.

Oleh karena itu melalui kesempatan hari diabetes sedunia di tanggal 14 November ini kita diharapkan bisa saling mengingatkan terlebih di lingkungan keluarga untuk menerapkan pola hidup sehat, olahraga secara teratur, menkonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter dan terapi insulin jika dibutuhkan.

Kurangnya pengetahuan mengenai diabetes ini pertanda bahwa melihat tanda tanda peringatan tidak hanya menjadi masalah bagi orang tua tetapi bagi seluruh kalangan usia. Jika tidak diobati, diabetes ini mampu menyebabkan komplikasi seperti kebutaan, amputasi, gagal ginjal, serangan jantung dan stroke.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: