Syarat dan cara pendaftaran kartu Pra Kerja gelombang ke dua

Written by on April 20, 2020

Pemerintah secara resmi telah membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 2 hari ini (Senin, 20 April 2020) hingga hari kamis (23 April 2020). Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto.

“Gelombang kedua dibuka sejak Senin 20 April pukul 08.00 WIB sampai dengan Kamis, 23 April pukul 16.00 WIB” ungkap Airlangga seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Pada gelombang kedua ini pemerintah kembali akan memilih secara acak sebanyak 200.000 peserta yang akan diberikan pelatihan dan intensif dari program Kartu Prakerja. Dengan rincian, setiap peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp 3,550.000, terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000 yang dapat dipergunakan untuk membeli satu atau lebih pelatihan di mitra platform digital.

Pada gelombang kedua ini, ada tambahan syarat baru yang diberikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian yaitu calon penerima tidak sedang menerima bantuan sosial.

“Kemudian tidak sedang menerima program bansos seperti PKH (Program Keluarga Harapan) dan Bantuan Langsung Tunai. Tapi kalau dari keluarga itu anaknya bisa ikut pelatihan” ungkap Airlangga.

Susiwijono , Sekretaris Menteri Perekonomian juga menjelaskan, penambahan kriteria penyeleksian program Kartu Prakerja  ini dibuat agar program bisa tersebar merata untuk semua kalangan. Dan tujuan program Kartu Prakerja juga sebagai jaring pengaman sosial (social safety net).

Berikut cara untuk mendaftar program Kartu Prakerja :

  1. Daftarkan akun pribadi di situs prakerja.go.id . Untuk melakukan hal ini pastikan sudah memasukkan nomor ponsel atau alamat email yang benar. Selanjutnya akan dikirimkan kode verifikasi ke email atau nomor ponsel yang terdaftar.
  2. Selanjutnya, login akun dan klik daftar kartu Prakerja dan isi formulir pendaftaran.
  3. Setelahnya, akan dilakukan test terlebih dahulu. Test Kartu Prakerja ini harus diisi dalam waktu 25 menit dengan jumlah 18 pertanyaan.
  4. Jika dinyatakan lulus maka pihak penyelenggara akan menghubungi dan calon penerima dapat memilih pelatihan yang ingin diikuti.

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
%d bloggers like this: