Cara Dapatkan Subsidi Listrik Gratis Oktober 2020

Written by on 1 October 2020

Subsidi listrik bagi pelanggan PLN Indonesia kembali diperpanjang bulan ini, hal ini dilakukan pemerintah untuk menjaga kemampuan konsumsi masyarakat terutama untuk kelompok miskin dan rentan miskin. Dimulai sejak April 2020, kini subsidi PLN bisa diklaim masing-masing pelanggan rumah tangga, serta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Sebelum menikmati subsidi ini, Anda perlu memeriksa apakah masuk ke dalam kategori pelanggan yang berhak mendapatkan subsidi gratis terlebih dahulu.

Rumah Tangga

Pemerintah memberikan insentif atau subsidi tarif listrik kepada golongan listrik rumah tangga dengan daya 450 V. Bagi golongan ini pemerintah menggratiskan seluruh tagihan listrik hingga bulan Desember 2020.

Subsidi listrik juga diberikan kepada golongan rumah tangga dengan daya listrik 900 VA berupa diskon 50 persen.

Berikut rincian pelanggan listrik yang mendapatkan subsidi :

  • R1/450 VA (gratis)
  • R1T/450 VA (gratis)
  • R1/900 VA (diskon)
  • R1T/900 VA (diskon)

UMKM

Selain itu pemerintah juga memberikan subsidi listrik kepada pelaku UMK hingga Desember 2020. Untuk kategori ini, subsidi diberikan kepada para pelanggan PLN pelaku bisnis atau industri kecil dengan daya listrik 450 VA, baik golongan BA 450 VA maupun |1 450 VA.

Untuk mendapat subsidi listrik ini, pelanggan bisa mengunjungi situs resmi PLN atau menghubungi melalui aplikasi WhatsApp PLN.

Berikut cara yang harus dilakukan :

  1. Kunjungi situs resmi PLN di https://stimulus/pln.co.id lalu pilih opsi ‘Stimulus Covid-19 (token gratis/diskon)’.
  2. Isi data yang dimintakan di situs tersebut. Mulai dari identitas (ID) pelanggan ayau nomor meter, kode captcha, nama, tarif dan daya listrik yang digunakan.
  3. Token listrik gratis atau diskon akan muncul di kolom keterangan. Lalu catat nomor token tersebut dan masukkan ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan yang di registrasi.

Melalui aplikasi WhatsApp PLN

  • Buka aplikasi WhatsApp PLN di nomor 0812 – 2123 – 213.
  • Ketik pesan berupa nomor ID pelanggan.
  • Lalu nomor token listrik gratis atau diskon akan dikirimkan PLN ke pelanggan.
  • Masukkan nomor seri yang diberikan ke token yang ada di meteran pelanggan.

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah mengunjungi langsung kantor PLN terdekat atau menghubungi call center PLN di 123 untuk konfirmasi lebih lanjut.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL