Sidang Wilayah DKI Jakarta, Tegaskan Penguatan Solidaritas

Written by on April 12, 2021

JAKARTA, RPK FM – Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) DKI Jakarta secara resmi membuka Sidang Wilayah (SW) ke-VIII PGIW secara online hari ini (12/04/2021) selama tiga hari (12-14 April 2021). Selain online, SW PGIW ke-VIII DKI Jakarta juga diadakan langsung dari Hotel Ibis Style, Sunter, Jakarta Selatan yang hanya dihadiri oleh Majelis Pekerja Harian hingga pukul 18.00 WIB dengan protokol kesehatan yang ketat.

Dengan tema Aku adalah yang Awal dan Akhir (Wahyu 22.12-13), dan subtema Membangun Spiritualitas Keugaharian dengan Memperkuat Solidaritas Kebangsaan, dan Mengadaptasi Pola Hidup Baru di Tengah Pandemi PGIW berharap SW ini mampu merperkokoh hubungan seluruh umat.

“Bahwa kita sementara berada pada masa pandemi. Maka situasi yang tidak menguntungkan ini membutuhkan solidaritas, penguatan solidaritas,” tegas Ketua Umum PGIW DKI Jakarta, Pdt. Manuel Raintung di Hotel Ibis Style (12/04/2021).

Dirinya mempertegas tidak ada batasan antar gereja, suku hingga agama. Terlebih ditengah pandemi, umat diharapkan rela bekerja sama satu dengan yang lain dalam kebaikan.

“Kita membangun sebuah kekuatan solidaritas untuk bisa menjawab tantangan kehidupan kita di era pandemi ini. Kita juga berharap gereja gereja mengadaptasi pola hidup yang baru di era pandemi ini,” tegasnya.

Selain itu salah satu agenda dari Sidang Wilayah ini adalah pemilihan Ketua Umum dan Sekretaris Umum PGIW DKI untuk lima tahun kedepan pada periode 2020-2025.

“Hari ketiga kita akan pemilihan pengurus baru Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia wilayah DKI Jakarta,” ungkap Sekretaris Umum PGIW DKI Jakarta Pdt. Ferry Simanjuntak.

Pada agenda pemilihan Ketua Umum PGIW DKI Jakarta, nantinya masing masing perwakilan gereja harus mendaftarkan diri untuk datang langsung ke Hotel Ibis Style, Sunter pada hari rabu (14/04/2021). Hingga saat ini sudah ada 60 gereja yang mendaftar untuk ikut dalam pemilihan ini.

“Sudah terdaftar 60 gereja dari total 69 sinode yang ada di Jakarta dengan jumlah peserta hampir sekitar 140,” tegas

Acara ini juga dibuka dengan sambutan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui video conference. Diketahui selama ini Anies juga turut mendukung segala acara yang dilakukan oleh PGIW DKI Jakarta.

(Poppi Natama, Julia & Arthur Teesen)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Continue reading

RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL