Presiden Joko Widodo Pimpin Pray From Home, Dukacita untuk Korban Pandemi

Written by on July 11, 2021

Jakarta, RPK FM – Doa bersama secara daring dengan tajuk #PrayFromHome: Dari Rumah untuk Indonesia, yang diinisiasi oleh Kementerian Agama (Kemenag) berjalan dengan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, juga Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, berikut dengan para perwakilan agama yang berlangsung mulai pukul 14.00 WIB, Minggu (11/7/2021). Menag mengatakan, Doa Bersama dari Rumah ini kelanjutan dari acara Hening Cipta Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memimpin secara daring dari Istana Kepresidenan Bogor, mengatakan, saat ini kita bangsa Indonesia dan masyarakat di seluruh dunia masih terus berjuang untuk bebas dari pandemi Covid-19. Penyebaran virus masih terus terjadi. “Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, tidak bisa menyelesaikan masalah ini sendirian. Semua pihak harus berkolaborasi, bekerja sama, saling tolong menolong, bergotong royong untuk mengatasi ujian yang maha berat ini,” katanya.

Presiden juga secara khusus menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen bangsa yang setia membangun optimisme dan semangat kebersamaan dalam berbagai gerakan kerelawanan sosial dan ekonomi demi meringankan beban masyarakat. “Saya sangat bersyukur, pandangan ormas-ormas keagamaan senapas dengan kepentingan untuk menjaga kepatuhan umat dalam melaksanakan protokol kesehatan. Kerja keras pemerintah mengatasi persoalan wabah Covid-19 ini tidak mungkin berhasil tanpa dukungan dan kesadaran serta partisipasi masyarakat,” ujarnya.

“Dalam menghadapi situasi sulit ini, selain ikhtiar dengan berbagai usaha lahiriah, kita juga wajib melakukan ikhtiar batiniah. Memanjatkan doa, memohon pertolongan Allah Swt. agar beban kita diringankan, agar rakyat, bangsa, dan negara, juga dunia segera terbebas dari pandemi,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dukacita untuk seluruh korban yang wafat akibat pandemi Corona (COVID-19). Jokowi juga mengajak masyarakat berdoa dari rumah untuk kesembuhan para pasien Corona. “Dalam kesempatan ini atas nama pribadi dan pemerintah, serta negara saya menyampaikan dukacita mendalam kepada semua korban pandemi yang telah mendahului kita,” kata Presiden Jokowi dalam siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (11/7/2021).

Selain itu, Jokowi mengajak warga mendoakan korban pandemi Corona yang berpulang lewat acara #PrayFromHome ini. Jokowi berdoa agar para korban mendapat ampunan dari Tuhan. “Mari kita doakan beliau-beliau dan mereka semuanya, mendapatkan ampunan dari Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang. Dari rumah masing-masing mari kita tundukkan kepala, mengheningkan cipta,” ajaknya.

Sesi doa kemudian dipimpin oleh sejumlah tokoh-tokoh perwakilan agama. Adapun perwakilan dari agama Islam dibacakan oleh Prof Dr Habib Quraish Shihab, perwakilan agama Kristen oleh Pdt Lipiyus Biniluk, perwakilan agama Katolik oleh Kardinal Suharyo, perwakilan agama Hindu oleh I Nengah Dana, perwakilan agama Budha oleh Bhante Sri Pannavaro Mahathera dan perwakilan agama Konghucu oleh Xs. Budi Santoso Tanuwibowo.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL