Cara Dapatkan Layanan Telemedicine dan Paket Obat Gratis Pasien Covid-19

Written by on February 2, 2022

JAKARTA, RPK FM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan layanan telemedisin isolasi mandiri (isoman) bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron. Melalui layanan tersebut, pasien bisa mendapatkan layanan telekonsultasi dan paket obat gratis.

Telemedicine merupakan layanan medis online yang memungkinkan seseorang mendapat pelayanan kesehatan dari jarak jauh. Kementerian Kesehatan menyediakan layanan telemedicine bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Layanan ini dapat diakses melalui https://isoman.kemkes.go.id/.

“Dengan layanan telemedisin ini, semua pasien COVID-19 konfirmasi positif mendapatkan layanan medis tepat waktu, tanpa perlu antre di RS (Rumahsakit),” ungkap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam situs Kemenkes.

Dengan adanya fasilitas telemedisin ini layanan rumah sakit bisa diprioritaskan untuk pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat ungkap Budi.

Saat ini Kemenkes telah bekerja sama dengan 17 platform telemedicine, yaitu Aido Health, Alodokter, GetWell , Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter , ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, YesDok.

Cara dapatkan telemedisin dan obat gratis

  1. Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes.
  2. Jika hasil tes PCR positif dan laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima pesan Whatsapp (WA) dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.
    • Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa Nomor Induk Kependudukan (NIK) secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.
  3. Setelah memperoleh WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedisin.
    • Caranya, tekan tautan yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di tautan yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.
    • Lakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan Anda adalah pasien program Kemenkes.
  4. Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat.
  5. Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien mengisi formulir pesanan yang tersedia pada menu Pesan Obat dengan mengunggah resep digital (JPG atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, dan melengkapi alamat pengiriman.

Kemenkes bekerja sama dengan jasa pengiriman dari SiCepat untuk mengambil obat dan/atau vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien. Hanya pasien dengan kategori layak isoman (dengan kondisi tanpa gejala atau ringan) yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.

Dalam program telemedisin, Kemenkes menyediakan dua paket obat untuk pasien Covid-19, diantaranya :

Paket 1 (Program obat Isoman gratis paket A diperuntukkan bagi pasien COVID-19 tanpa gejala).

Jenis obat yang diberikan berupa multivitamin (C, B, E, Zinc), Vitamin C, dan Vitamin D. 

Paket 2 (Program obat Isoman gratis paket B diperuntukkan bagi pasien COVID-19 bergejala ringan).

Jenis obat yang diberikan meliputi: 

Paket 2A

  1. Multivitamin (vitamin C, vitamin B, vitamin E, dan zinc)
  2. Favipiravir
  3. Paracetamol 

Paket 2B

  1. Multivitamin (vitamin C, vitamin B, vitamin E, dan zinc)
  2. Molnupiravir
  3. Paracetamol 

Jika dibutuhkan obat-obatan lain di luar paket obat ISOMAN gratis yang tertera di atas, pasien dapat menebusnya secara mandiri.

Untuk sementara ini layanan telemedicine bagi pasien terpapar Covid-19 yang menjalani isoman baru menyasar warga di wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL