Kembangkan Potensi Kewirausahaan, UKI Gelar Pameran Ekonomi Kreatif

Written by on 22 June 2023

UPT Kewirausahaan UKI bekerja sama dengan JakPreneur kecamatan Kramat Jati, melaksanakan UKI EKRAF FAIR 2023 atau Pameran Ekonomi Kreatif UKI, yang berlangsung dari tanggal 22 – 23 Juni 2023 di Lapangan Parkir UKI, Cawang (20/06).   Pameran diikuti oleh 60 booth yang menjual aneka produk civitas akademika UKI, HIPPI dan JakPreneur.

Sebagai Rektor UKI pertama yang berlatar belakang entrepreneur, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA. mengajak mahasiswa dari berbagai program studi untuk memiliki jiwa kewirausahaan yaitu pantang menyerah. “Akreditasi UKI Unggul yang disempurnakan dengan jiwa kewirausahaan dari mahasiswa. UKI berusaha meyakinkan mahasiswa dengan mendatangkan tokoh yang sukses berwirausaha untuk membagikan motivasi dan tips trik dalam menjalankan usaha” ujar Dhaniswara yang juga merupakan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Dengan dilandasi semangat untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan pemuda, UKI EKRAF FAIR 2023 ini menjadi wadah promosi bisnis bagi pelaku usaha yang baru, baik mahasiswa dan masyarakat umum di sekitar Universitas Kristen Indonesia.

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sudah mendirikan UKI HIPMI Kopi dimana mahasiswa UKI antusias mengikuti pelatihan pembuatan dan pengelolaan usaha kopi. “Kami harapkan organisasi pengusaha lainnya dapat masuk dan mendidik mahasiswa. Dalam pameran ini, salah satu booth dari pameran ini adalah dari UPT Golden Kids yang memperlihatkan kemampuan anak didik penyandang disabilitas yang mampu membuat produk makanan dan menjualnya,” ujar Dhaniswara.

Dhaniswara menjelaskan sebagai perguruan tinggi Unggul, UKI berperan serta memajukan UMKM yang dijalankan oleh civitas akademika UKI, para alumni dan masyarakat sekitar. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan tonggak penting perekonomian Indonesia. “Pameran ini diharapkan mengembangkan potensi kewirausahaan di lingkungan UKI dan dilaksanakan dalam rangka menyongsong peringatan Dies Natalis UKI ke-70 dan HUT DKI Jakarta ke 496,”katanya.

Mahasiswa dan alumni UKI serta warga sekitar binaan JakPreneur Kecamatan Kramat Jati membuka stand makanan, minuman, dan fashion. Pameran dimeriahkan oleh live music, tarian tradisional, dan seminar ekonomi kreatif.

Dukungan dari Organisasi Pengusaha

UKI EKRAF FAIR 2023 didukung sepenuhnya oleh Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI Jaya), Kadin DKI Jakarta dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI). Hal ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan kerja sama antara UKI dengan Kadin DKI Jakarta, DPD HIPPI JAYA, HIPMI JAYA dan DPD IWAPI JAYA untuk mendukung kegiatan  pengembangan kewirausahaan di perguruan tinggi.

Ketua Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi, mengapresiasi UKI yang mendorong mahasiswa untuk belajar menjadi entrepreneur. “Saya mengajak perguruan tinggi untuk berpartisipasi meningkatkan ekonomi masyarakat. Sudah menjadi tugas kita bersama untuk membangun ekonomi dengan gotong royong antara dunia usaha, dunia pendidikan dan pemerintah. Melalui kegiatan ini, mahasiswa UKI dapat belajar untuk memiliki jiwa kewirausahaan dan menjadi pengusaha siap menghadapi berbagai tantangan,” ujarnya.

“Kadin DKI Jakarta siap menjadi narasumber untuk mengajarkan mahasiswa UKI menjadi entrepreneur yang tangguh dan setelah lulus dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Menjadi entrepeneur dapat dimulai dari diri sendiri,” kata Diana Dewi.

Sebagai Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta, Uchy Hardiman mendukung sepenuhnya Pameran Ekonomi Kreatif UKI. “Kami sepakat penting untuk menjadi pelaku usaha sejak dini, untuk meningkatkan perekonomian di wilayah DKI Jakarta. HIPPI DKI Jakarta dapat melakukan mentoring dan pendampingan kepada mahasiswa dan memfasilitasi dari sisi akses permodalan,” ujarnya.

Kegiatan turut dihadiri oleh Ketua HIPMI Jaya, Sona Maesana dan Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi DKI Jakarta, Endah Ansoroeddin serta JakPreneur.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL