Ambon Kembali Diguncang Gempa, Ketahui Cara Cepat Mengatasi Trauma Pasca Gempa

Written by on 13 November 2019

Gempa magnitudo yang mengguncang ambon pada hari selasa (12/11/2019) pukul 17.10 WIB kembali menyisakan kenangan buruk bagi warga ambon.

Gempa dengan skala yang cukup besar di Ambon itu dipastikan tidak berpotensi tsunami dirangkum dari pernyataan yang diberikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Namun banyak warga Ambon yang sudah panik kemudian berlari keluar dari rumah maupun gedung.

Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG mengatakan “Gempa ini masih merupakan bagian dari rangkaian aktifitas gempa susulan yang terjadi di Ambon. Sejak 26 September 2019 telah tercatat aktivitas gempa susulan sebanyak 2.140 kali kejadian

Oleh karena peristiwa tersebut para korban gempa di ambon pasti merasakan adanya rasa trauma paska gempa, berikut adalah cara mudah dan cepat mengatasi rasa trauma ini yang dilansir dari situs psychologytoday :

  1. Jauhkan diri dari daerah yang guncangan gempanya lebih terasa.
  2. Tarik nafas dalam dalam lalu hembuskan. Lakukan trik ini sesering mungkin hingga rasa gugup kita mulai berkurang. Ini merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan dimana saja tanpa memerlukan peralatan khusus.
  3. Identifikasikan apa yang menjadi kekhawatiran kita lalu tuliskan diatas buku.
  4. Telusuri setiap masalah dan pertimbangkan apakah itu kekhawatiran yang realistis atau tidak mungkin terjadi.
  5. Jika kekhawatiran itu bersifat realistis, identifikasi kembali apa yang bisa anda lakukan dan kembali ke point awal.
  6. Jika kekhawatiran itu bersifat tidak realistis (seperti merasakan adanya gempa padahal tidak ada gempa) alihkan pikiran dan energi ke tempat lain.
  7. Lakukan sesuatu hal untuk mengalihkan pikiran seperti membaca buku, berolahraga, memasak atau menyanyikan lagu favorit.

Jika rasa trauma itu tidak bisa dihindari lagi atau semakin merasa khawatir dan takut. Langkah selanjutnya adalah berkonsultasi kepada profoseional seperti psikioterapis.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL