BPKN Menilai Kunci Kesuksesan Indonesia ada pada Perlindungan Konsumen Lintas Batas

Written by on January 9, 2020

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menilai bahwa pertumbuhan dan peningkatan ekonomi Indonesia terletak pada perlindungan konsumen lintas batas. Hal ini yang muncul dalam kunjungan ke BPKN dari delegasi Consumer Affair Agency of Japan yang didamping National Consumer Affairs Center of Japan dan ODR Room Network dan Mitsubishi IFJ Research and Consulting, di  Kementerian Perdagangan, Rabu (08/01/2020).

Menurut wakil ketua BPKN, Rolas Sitinjak adanya peningkatan PDB dan perkembangan ekonomi digital membuat transaksi ekonomi yang terjadi semakin banyak, cepat, mudah dan lebih tersebar sampai ke pelosok. Tentunya hal ini meningkatkan potensi terjadinya komplain dan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha.”

“Pertemuan dengan Consumer Affair Agency of Japan membuka peluang pendalaman atas permasalahan penanganan sengketa melalui ODR maupun untuk kerjasama pembangunan ODR lebih lanjut sehingga bisa menjadi solusi penanganan sengketa lintas batas (cross-border) khususnya antara Indonesia dan Jepang,” ujarnya seperti dirilis dari pers rilis BPKN.

Beberapa potensi kendala perlindungan konsumen di era digital yang terjadi saat ini yaitu penyesuaian kebijakan akibat teknologi yang cepat berubah, penguatan kerjasama lintas batas, peningkatan dampak penarikan produk di era digital, penyelesaian sengketa secara online sebagai solusi pemulihan hak yang cepat dan efisien serta Perlindungan Konsumen yang rentan di era digital.

Sementara itu, meningkatnya transaksi digital berpotensi meningkatan permasalahan sengketa konsumen secara online, maka dari itu diperlukan penerapan ODR yang bisa menangani pengaduan dengan cepat dan efisien di Indonesia sebagai suatu cakrawala baru di bidang penyelesaian sengketa konsumen.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Continue reading

RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
%d bloggers like this: