Kemenkes Nyatakan Siap Hadapi Virus Corona yang Merebak di China

Written by on January 23, 2020

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menyatakan siap menghadapi virus corona penyebab pneumonia yang kini tengah merebak do Wuhan, China. Hal ini dikatakan langsung oleh Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes Vensya Sitohang.

Pihaknya mengatakan telah menyiapkan semua daerah, kabupaten maupun kota termasuk juga di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), tepatnya di pintu masuk negara. “Melalui Dirjen Pelayanan Kesehatan, kami menyiapkan 100 rumah sakit untuk rujukan penyakit infeksi emerging,” ujarnya dalam konferensi pers di gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/1).

Sebanyak 100 rumah sakit sudah disiagakan sejak 7 Januari 2019 melalui surat dari Kemenkes. Dulunya, rumah sakit-rumah sakit ini disiagakan ketika kasus flu burung merebak. Untuk Jakarta sendiri, rumah sakit yang ditunjuk yakni, RSPAD Gatot Subroto, RS Persahabatan dan RS Sulianti Saroso.

Sementara itu untuk meningkatkan kewaspadaan di pintu masuk negara, Kepala KKP Kelas 1 Bandara Soekarno – Hatta, Anas Ma’ruf memastikan pihaknya telah berjaga terutama disisi yang melayani rute langsung dari China. Sampai saat ini, terdapat 19 pintu masuk dari Indonesia yang memiliki akses langsung ke China antara lain, Tangerang, Jakarta, Bandar Lampung, Bandung, Jambi, Samarinda, Palembang, Surabaya, dan Batam.

Kewaspadaan ini ditunjukan antara lain dengan menyiapkan sejumlah perlengkapan seperti 12ribu lebih masker N95, 35ribu health alert card, dan 860 alat pelindung diri (APD). Sampai saat ini terdapat sebanyak 195 alat pendeteksi suhu (thermal scanner) di semua pintu masuk negara.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: