Kemendikbud Mulai Buka pendaftaran KIP Kuliah di bulan Maret

Written by on February 25, 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) bagi para calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu pada bulan Maret mendatang. KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/Sederajat yang memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

“Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, diberikan kesempatan untuk mendaftar dan mendapatkan KIP Kuliah pada laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni awal Maret sampai 31 Maret 2020” ujar Mohammad Nasih selaku Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Mengacu pada RAPBN 2020, peserta didik yang berhak memperoleh KIP Kuliah harus sudah memiliki KIP sejak di sekolah. kepemilikan KIP sejak masih sekolah terkait dengan eligibilitas penerima bantuan dana pendidikan. Artinya, peserta didik dari keluarga kurang mampu dapat terus melanjutkan pendidikannya hingga ke jenjang perguruan tinggi.

“Pada tahun ini , pemerintah mengeluarkan kebijakan KIP Kuliah agar terintegrasi dengan kebijakan yang telah dilaksanakan selama lima tahun belakangan ini, yakni KIP yang dimiliki siswa SMA maupun SMK” ungkap Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam.

Nizam kembali menuturkan pendaftaran SNMPTN telah dibuka. Pemerintah memperpanjang waktu pendaftaran SNMPTN hingga akhir maret, khusus bagi calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang membutuhkan KIP Kuliah yang seharusnya berakhir pada 27 Februari 2020.

“Bagi calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang membutuhkan KIP Kuliah, disediakan perpanjangan waktu yang menyesuaikan pendaftaran KIP Kuliah, yaitu tanggal 2 hingga 31 Maret 2020” tutur Nizam.

Ketua LTMPT, Mohammad Nasih menjelaskan lebih lanjut mengenai calon mahasiswa sama sekali belum memiliki KIP tetap dapat melakukan pendaftaran SNMPTN hingga pengisian program studi dan pilihan universitas.

“Pendaftaran KIP Kuliah dimulai awal Maret mendatang. Boleh saja sudah mulai mendaftar dan mengisi informasi-informasi yang perlu dicantumkan di pendaftaran SNMPTN, tetapi kami himbau untuk jangan finalisasi terlebih dahulu. Jika pendaftaran KIP Kuliah sudah rampung, baru pendaftaran SNMPTN dapat difinalisasi dan cetak kartu” pertegas Nasih.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: