5 Situs resmi untuk pantau penyebaran Covid-19

Written by on March 18, 2020

Pandemi virus corona (Covid-19) semakin hari penyebarannya semakin meluas. Beberapa negara saat ini bahkan sudah melakukan lockdown demi memutuskan laju infeksi virus cona. Negara Irlandia, Denmark, China, Spanyol, Italia, Malaysia dan Perancis remis melakukan sistem lockdown di negaranya dengan jangka waktu yang bervariasi.

Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus corona (Covid-19) meluncurkan situs resmi terkait penanganan virus corona, yang kini menjadi pandemi global.

“ Kami menyadari masyarakat butuh akses pada informasi akurat, cepat dan terpercaya. Untuk itulah mengapa situs www.covid19.go.id ini dibuat agar bisa menjadi sumber informasi resmi satu pintu” ungkap Kepala BNPB, Doni Monardo.

Berdasarkan keterangan tertulis dai BNPB, Rabu (18 Maret 2020) situs covid19.go.id dikembangkan oleh tim komunikasi risiko dan pelibatan masyarakat untuk penanggulangan covid-19. Tim terdiri dari berbagai unsur mulai dari pemerintah, UNICEF, WHO, organisasi masyarakat sipil, hingga dunia usaha.

Beberapa lembaga pemerintahan provinsi dan kesehatan juga telah menciptakan peta covid-19 untuk memantau perkembangan virus ini berdasarkan cakupan wilayah tertentu. Beberapa situs terpercaya yang bisa kita akses adalah :

  • Situs milik Pemprov DKI Jakarta

Pemerintah provinsi DKI Jakarta secara khusus telah menciptakan sebuah situs berbentuk peta yang menginformasikan penyebaran virus corona secara real time. Melalui laman https://corona.jakarta.go.id/, selain informasi mengenai jumlah pasien virus corona, laman tersebut juga berisikan segala jenis informasi mengenai virus corona.

  • Situs milik Pemprov Jawa Barat

Pusat informasi dan koordinasi Covid-19 ini bisa diakses melalui https://pikobar.jabarprov.go.id/#/. Data terbaru penyebaran virus Covid-19 di Jawa Barat selalu di perbarui di laman ini.

  • Situs John Hopkins

Peta digital ini disediakan oleh Universitas John Hopkins, Baltimore, Amerika Serikat. Pete ini juga dinilai lebih akurat dibanding peta milik WHO.

Data pada peta dikumpulkan dari beberapa sumber, seperti WHO, US Centers for Disease Control and Prevention, National Health Commission of the People’s Republic of China dan Dingxiangyuan, situs jejaring sosial bagi tenaga medis yang menyediakan informasi kasus Covid-19 secara real time.

Peta ini bisa diakses melalui laman https://coronavirus.jhu.edu/map.html

  • Situs WHO

Peta milik Badan Kesehatan Dunia ini mampu menunjukkan total kasus infeksi, jumlah kematian dan negara yang terinfeksi.

Peta ini juga menyediakan pilihan untuk melihat data infeksi Covid-19 berdasarkan provinsi.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: