Eratkan hubungan sosial, PGI bagikan beberapa himbauan bagi umat kristiani

Written by on April 2, 2020

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menghimbau kepada Gereja-gereja di Indonesia agar semakin peduli terhadap sesama pada masa pandemi Covid-19 ini. PGI juga menyambut positif segala jenis kebijakan sosial dalam bentuk physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang di terapkan di Indonesia.

Melalui surat resmi yang dikeluarkan pada 1 April 2020 PGI dan telah ditandatangani oleh Pdt Gomar Gultom selaku Ketua Umum dan Pdt Jacklevyn F. Manuputty selaku Sekretaris Umum, memberikan 5 himbauan untuk Gereja-gereja untuk bisa dilakukan saat ini yaitu :

  1. Turut memberikan semangat Kristiani yang meningkatkan kualitas kehidupan di tengah jemaat maupun masyarakat melalui doa, pelayanan atau pembinaan virtual, serta berbagi informasi yang bersifat membangun.
  2. Mengedukasi warga jemaat untuk tidak mudah menerima / percaya dan menyebarkan berita bohong (Hoax) serta tidak turut memberikan stigma terkait pandemi Covid-19. Selain itu masyarakat juga tidak diperbolehkan memberikan stigma terhadap pribadi / keluarga / komunitas lain seolah terpapar Covid-19 adalah sebuah aib dan harus dijauhi.
  3. Memberikan pengertian kepada pribadi / keluarga yang pernah terpapar atau mengalami kontak langsung dengan individu yang positif Covid-19 untuk segera mengecek kesehatan dan lakukan prosedur isolasi mandiri. Gereja hendaknya juga memiliki data akurat terkait situasi kesehatan jemaatnya.
  4. Mengembangkan “Pelayanan Pastoral Kedaruratan” dengan berbagai pendekatan yang kreatif, efektif, kontekstual dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Keluarga yang berduka, sakit, dan mengisolasi diri, tetap membutuhkan pendampingan yang membuat mereka merasakan dukungan dari Gereja sekalipun tanpa perjumpaan fisik.
  5. Mengembangkan “Diakonia Karitatif Antarkeluarga” doronglah warga jemaat yang berkelebihan maupun berkecukupan secara finansial / materiil untuk menolong keluarga-keluarga yang berkekurangan dan mengalami dampak buruk ekonomi dalam situasi ini.

Selain beberapa himbauan yang diberikan, PGI juga kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menerapkan hidup sehat, hidup bersih dan selalu ada dalam pengharapan.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: