Yuk, Cuci Tangan Dengan Tepat!

Written by on September 18, 2020

Penyebaran virus corona menjadi perhatian banyak orang, termasuk di Indonesia. World Health Organization (WHO) menyarankan langkah perlindungan dasar terhadap virus Corona. Langkah pertama yang disarankan bukan menggunakan masker, tetapi mencuci tangan sesering mungkin. Langkah ini disarankan karena mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh akan membunuh virus yang mungkin ada di tangan.

Cuci tangan merupakan langkah mudah dan aman untuk melindungi diri dari virus corona Covid-19, tetapi tidak banyak yang tahu bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Berikut tata cara mencuci tangan yang direkomendasikan WHO, seperti yang dilansir dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta :

Gunakan Air Mengalir dan Sabun

Pastikan tangan sudah dibasahi dengan air mengalir. Sebaiknya tidak mencuci tangan dengan air yang sudah didiamkan dalam wadah karena umumnya sudah terkontaminasi oleh bakteri. Selanjutnya, tuangkan 1-2 pompa sabun cuci tangan. Jangan terlalu berlebihan, perkirakan hingga setidaknya dapat menghasilkan busa yang cukup.

Gosok Bagian Telapak Tangan

Tangkupkan kedua telapak tangan. Kemudian, saling gosokan telapak tangan yang satu dengan telapak tangan lainnya untuk menghilangkan bakteri.

Gosok Sela-Sela Jari

Rapatkan kedua telapak tangan, lalu saling kaitkan jari layaknya orang tengah berdoa. Selanjutnya, saling gosok sela-sela jari tersebut. Atau letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi untuk sebaliknya.

Gosok Punggung Tangan

Untuk membersihkannya, punggung tangan kiri bisa digosok dengan telapak tangan kanan. Sebaliknya, punggung tangan kanan dibersihkan dengan cara digosok menggunakan telapak tangan kiri.

Gosok Jempol Dengan Gerakan Memutar

Cara melakukan langkah ini adalah dengan menggenggam jempol kiri menggunakan telapak tangan kanan. Gosok memutar selama beberapa kali, lalu lakukan untuk tangan sebaliknya. Yakni giliran jempol kanan yang digosok memutar menggunakan telapak tangan kiri.

Gosok Ujung-Ujung Jari

Caranya, kuncupkan jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri, lalu putar selama beberapa kali. Lakukan hal yang sama untuk tangan sebaliknya. Langkah cuci tangan yang bermanfaat membersihkan daerah kuku ini tentu akan semakin efektif jika kuku berada dalam kondisi pendek dan rajin dipotong.

Bilas Dengan Air Mengalir

Setelah semua langkah cuci tangan tersebut sudah rampung dilakukan dan seluruh bagian tangan sudah digosok bersih, saatnya membilas kembali sisa sabun dengan air mengalir. Bilas tangan hingga tak ada busa sabun cuci tangan yang tersisa.

Usap Dengan Tisu Kering

Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu kering. Setelah kering, tangan sudah aman dari bakteri dan kotoran.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: