7 Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Written by on September 28, 2020

Jantung merupakan organ vital yang bekerja tanpa henti dan berperan penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh guna menjaga kelangsungan hidup. Di Indonesia, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian tertinggi. Namun, berita baiknya, penyakit jantung sangat mungkin untuk bisa dicegah. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan jantung :

Jauhi Rokok

Perokok memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung. Tidak hanya perokok aktif, orang-orang di sekitarnya yang menghirup asap rokok (perokok pasif) juga berisiko mengalami penyakit tersebut. Hal ini karena zat beracun pada rokok dapat merusak pembuluh darah jantung, sehingga lama kelamaan aliran darah pada jantung menjadi terganggu. Akibatnya, fungsi jantung juga akan terganggu karena kekurangan oksigen dan nutrisi. Mengurangi kebiasaan merokok adalah satu-satunya hal terbaik yang dapat dilakukan untuk melindungi jantung.

Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung terutama yang banyak mengandung serat. Makanan yang kaya akan serat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Asupan serat bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran, gandum, kacang, dan sereal. Penuhilah kebutuhan serat paling tidak 30 gram per hari. Lengkapi juga konsumsi serat dengan banyak minum air putih agar pencernaan lebih lancar. Selain itu, hindari terlalu banyak garam dan gula dalam makanan. Membatasi lemak tertentu pada makanan yang akan dimakan juga merupakan hal yang tidak kalah penting. Makanan cepat saji atau junk food, juga akan sangat disarankan untuk dihindari. Pasalnya makanan tersebut memiliki berbagai zat dan kandungan yang buruk untuk tubuh.

Jaga Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Jika hal ini terjadi pada pembuluh darah organ-organ yang penting, seperti jantung dan otak dapat berakibat fatal. Dengan rutin berolahraga, mengurangi asupan garam, dan membatasi minuman beralkohol termasuk beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Jaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi tidak hanya dapat membuat terkena diabetes, namun juga dapat berisiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah. Beberapa upaya untuk menjaga kadar gula darah adalah mengganti nasi putih dengan nasi merah dan mengurangi asupan gula. Selain itu, periksakan kadar gula darah secara rutin, terutama jika usia di atas 45 tahun.

Atur Pola Tidur

Menjaga pola tidur juga merupakan langkah untuk menjaga kesehatan jantung. Jauhi kebiasaan begadang dan tidur terlalu malam. Selain itu, selalu usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Karena, tidur yang cukup dapat menjaga tubuh agar bekerja lebih baik, juga melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung. Tidur yang cukup juga akan menurunkan risiko terkena penyakit darah tinggi, diabetes, dan serangan jantung.

Olahraga Rutin

Rutin olahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sempatkan waktu untuk berolahraga sekitar 20 – 30 menit setiap hari karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Tidak ada batasan jenis olahraga apa yang bisa dan harus dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Pilihan olahraga seperti jogging, berenang, naik sepeda, yoga atau sekadar naik-turun tangga. Jika merasa sulit untuk melakukannya, cobalah berjalan kaki singkat sepanjang hari menuju tempat kerja atau pada jam makan siang, atau mungkin memilih parkir sedikit lebih jauh dari kantor.

Kelola Stres

Stres adalah hal yang wajar terjadi. Meskipun tidak ada hubungan langsung yang jelas antara tingkat stres yang tinggi dan penyakit jantung, stres itu sendiri dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan jantung. Masalahnya bukanlah apa yang menyebabkan stres, tapi bagaimana kita meresponnya. Saat kita sedang berada di bawah tekanan, tubuh memproduksi adrenalin yang akan membuat jantung bekerja lebih keras. Tekanan darah bisa meningkat sebagai akibatnya. Dan pada khirnya akan menyebabkan makan berlebih, kurang berolahraga atau merokok lebih dari biasanya. Stres kronis dapat berujung pada serangan jantung jika tidak dikelola dengan baik. Pintar-pintar mengelola emosi dapat mencegah penyakit jantung yang dipicu oleh stres. Jika stres sudah dirasa berlebihan, curhatlah pada seseorang, baik orang terdekat maupun konselor profesional. Mencoba meditasi, yoga atau teknik pernapasan dalam juga bisa dilakukan. Luangkanlah waktu untuk bersantai dan melakukan kegiatan yang disukai. Orang dengan tingkat stres yang rendah lebih cenderung berolahraga dan makan dengan baik, yang keduanya penting untuk menjaga kesehatan jantung.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


RPK FM

Education & Infotainment Station

Current track
TITLE
ARTIST

Positive SSL
WhatsApp us
%d bloggers like this: